Grand Highlander Hybrid MAX 2024, SUV Terkuat yang Pernah Dibuat Toyota
Toyota Grand Highlander 2024. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota menghadirkan Grand Highlander baru yang lebih besar untuk tahun 2024. SUV kelas menengah tiga baris ini ditawarkan dengan tiga pilihan powertrain, termasuk sistem hybrid yang menghasilkan tenaga 362 dk.

Untuk SUV kelas menengah pesaingnya termasuk Ford Explorer, Kia Telluride, dan Jeep Grand Cherokee. Namun crossover keluarga ini lebih menjanjikan untuk menjadi kendaraan serbaguna karena baris ketiga dan kapasitas bagasi yang lebih lega.

Dilansir dari ruang media Toyota global, 30 Mei, untuk keluaran 2024 SUV ini dirancang oleh Calty Design Studios dan dirakit secara eksklusif di pabrik Toyota Motor Manufacturing di Princeton, Indiana, Amerika Serikat.

“Grand Highlander akan berfungsi sebagai alat pamungkas yang dapat membawa pelanggan kami ke mana saja mulai dari antrean penjemputan sekolah hingga perjalanan darat akhir pekan yang panjang,” kata Lisa Materazzo, wakil presiden grup Toyota Marketing.

Ia menambahkan jika selama ini Toyota telah menjual lebih dari 3,3 juta Highlanders di AS dan berharap dengan kehadiran model baru ini di diler musim panas ini juga disambut positif pelanggan.

Sebagai rangkuman, semua Grand Highlander akan hadir dengan tiga powertrain dari mesin turbo 2.4L yang seimbang dan bertenaga 265 dk, hybrid 2.5L yang efisien dengan tenaga 243 dk, dan Hybrid MAX sebagai varian performa tertinggi 362 dk sekaligus menobatkannya sebagai SUV ukuran menengah terkuat yang pernah dibuat Toyota.

Dengan total bobot 2267 kg, Grand Highlander Hybrid MAX 2024 dengan torsi 544 Nm dapat berakselerasi dari 0 ke 96 km/jam dalam waktu 6,3 detik. Hybrid Max hadir secara eksklusif dengan penggerak AWD saja berbeda dengan yang lain yang memiliki dua opsi penggerak.

2
Toyota Grand Highlander Platinum interior. (Dok. Toyota)

Untuk teknologi, Grand Highlander 2024 dilengkapi dengan teknologi terbaru Toyota, termasuk teknologi Toyota Traffic Jam Assist (kelas Platinum). Traffic Jam Assist adalah sistem berbasis radar dan kamera yang membantu meringankan pengendara saat melaju di tengah kemacetan.

Untuk harga di Amerika serikat, varian termurah ada pada XLE Grand Highlanders 2.4L FWD seharga 44.405 dolar AS atau sekitar Rp664 juta dan varian termahal Hybrid Max AWD seharga 59.460 dolar AS atau Rp889 juta.

Grand Highlander Hybrid dan Hybrid MAX sekaligus melengkapi dua produk tambahan Toyota untuk mencapai masa depan “Beyond Zero”. Beyond Zero adalah visi Toyota untuk mencapai netralitas karbon dengan produk, layanan, dan operasi.