Toyota Beri Isyarat Kemunculan SUV Terbaru, Apakah Crown Estate?
Teaser SUV berukuran sedang terbaru untuk pasar AS. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini jika diamati Toyota menghadirkan banyak kejutan menarik, seakan ini bentuk upaya mereka mengejar ketertinggalan dari pesaing dalam bidang elektrifikasi.

Baru-baru ini, Toyota memberikan petunjuk mengenai peluncuran SUV ukuran menengah yang akan segera debut di pasar AS.

Hal ini terungkap dari gambar teaser yang diunggah oleh perusahaan melalui situs resminya pada Selasa, 24 Oktober, yang menampilkan bagian belakang kendaraan dengan emblem huruf 'C' dan penanda 'HEV AWD', menandakan bahwa mobil ini merupakan varian hybrid.

Meskipun tidak dijelaskan secara tegas bahwa huruf 'C' merujuk pada 'Corolla' atau 'Crown', diketahui bahwa keduanya memiliki kesamaan desain pada bagian belakang. Namun, kemungkinan besar model yang ditampilkan adalah 'Crown Estate', yang sebelumnya telah diumumkan oleh pabrikan pada awal tahun ini.

Crown Estate menampilkan desain yang khas dari SUV konvensional. Dengan desain yang lebih kokoh, mobil ini menawarkan ruang kargo yang luas di bagian belakang, serta lampu depan yang memiliki motif tipis yang unik. Namun, Toyota mungkin akan melakukan penyesuaian untuk memenuhi preferensi konsumen di AS.

Dengan petunjuk emblem 'HEV AWD', dapat dipastikan bahwa mobil ini akan dilengkapi dengan teknologi hybrid penggerak semua roda. Saat ini, Crown tersedia di AS dengan mesin 2,5 liter empat silinder yang terintegrasi dengan teknologi powertrain hybrid generasi keempat, menghasilkan daya sebesar 236 tenaga kuda. Selain itu, tersedia juga varian Hybrid Max 2.4 liter yang lebih baru, dengan dua motor listrik yang bekerja bersama untuk menghasilkan daya sebesar 340 dk.

Meskipun detail spesifik masih belum diungkapkan, diantisipasi bahwa mobil ini akan diperkenalkan pada Los Angeles Auto Show pada tanggal 17 November sebagai SUV dengan nuansa sporty.

Sebelumnya, merek ini juga telah merilis gambar teaser yang diperkirakan merupakan generasi terbaru Camry, menampilkan siluet yang lebih lebar yang menjanjikan dimensi yang lebih luas.

Perkiraan kehadiran Camry terbaru semakin diperkuat dengan laporan pada awal tahun 2023 yang mengindikasikan bahwa sedan mewah ini akan melakukan debut pada tahun 2024 mendatang.

Toyota dalam beberapa tahun terakhir telah menghadirkan berbagai SUV dan crossover terbaru. Beberapa di antaranya adalah Corolla Cross, Venza, Grand Highlander, bZ4X, dan CH-R.