Bagikan:

JAKARTA - Dalam acara media Eropa yang berlangsung di Offenbach, Jerman, Honda merilis mobil bertenaga listrik murni keduanya dengan nama e:Ny1.

Honda e:Ny1 merupakan crossover terbaru yang dikategorikan ke dalam segmen B SUV. Pabrikan menawarkan e:Ny1 dengan pengalaman berkendara yang halus dan "fun-to-drive".

Menurut Tom Gardner, selaku Vice President Honda Motor Europe Ltd, mengatakan dengan perkenalan e:Ny1 merupakan langkah yang logis untuk melanjutkan perjalanan pabrikan dalam ranah elektrifikasi di Eropa.

"Dinamika SUV terbaru ini menunjukkan komitmen Honda terhadap elektrifikasi dan merupakan langkah terbaru dalam perjalanan elektrifikasi Honda," kata Tom dalam keterangan resmi di laman Honda.

Dari segi eksterior, terdapat kemiripan dengan SUV dari Honda bertenaga mesin pembakaran, HR-V. Ini terlihat dari bagian lampu depan yang tipis yang terlihat menyatu. Namun, yang membedakan ialah grill pada e:Ny1 ditutupi dengan menonjolkan logo "H" dari Honda di tengahnya.

Untuk menambah kesan berkelas pada SUV listrik tersebut, Honda menyematkan tulisan modern "Honda" pada pintu bagasi belakang.

Pabrikan asal Negeri Matahari Terbit tersebut memastikan bahwa pemilik Honda e:Ny1 memiliki kenyamanan kelas satu dengan SUV terbaru ini. Mereka menyematkan konsol tengah dengan tata letak di tengah yang mudah dijangkau, dasbor rapi dengan layar sentuh 15,1 inci yang di dalamnya memiliki sistem infotainment lengkap.

Masih pada bagian interior, Honda menghadirkan fitur modern berupa beberapa opsi penyimpanan barang, serta pengisian daya nirkabel yang praktis.

SUV e:Ny1 memiliki platform e:N Architecture terbaru yang dikembangkan oleh Honda. Platform penggerak motor depan tersebut menawarkan tiga atribut, yakni struktur bodi yang kuat, pusat gravitasi rendah, dan aerodinamika bawah lantai diatur dengan teliti agar pengemudi mendapat pengalaman yang menyenangkan selama mengemudikan e:Ny1.

Platform dari mobil EV ini menggabungkan unit penggerak daya yang memiliki performa tinggi dan ringan, motor listrik, dan girboks. Ini dapat menghasilkan daya 203 dk dan torsi puncak 310 Nm.

Selain performa, Honda e:Ny1 memiliki baterai lithium-ion 68,8 kWh yang memiliki kemampuan impresif. Dengan ini, e:Ny1 memiliki daya jangkauan hingga 412 km menurut siklus WLTP dengan kemampuan pengisian daya cepat DC dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 45 menit.

Honda e:Ny1 akan dipasarkan untuk wilayah Eropa. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kembaran listrik dari HR-V ini akan menyapa pasar Asia di masa yang akan datang. Walaupun, pabrikan belum memberitahu terkait harga dan waktu penjualan.