Komitmen Bugatti dalam Mengecat Mobil hingga 700 Jam
Proses pengecatan mobil Bugatti (sumber : Bugatti)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen supercar dan hypercar asal Perancis, Bugatti terkenal akan memproduksi mobil yang tidak hanya cepat, melainkan memberikan produk yang terbaik untuk konsumen.

Salah satu hal yang dilakukan Bugatti agar menambah nilai mahal pada produknya ialah lewat cat. Bagaimana tidak, mobil-mobil Bugatti mendapatkan proses mengecat dengan menghabiskan waktu 600 hingga 700 jam per kendaraannya untuk melakukan cat dengan benar, serta memenuhi keinginan konsumen.

Bahkan sebelum proses cat primer dilakukan, spesialis Bugatti memeriksa setiap detailnya untuk menghindari cacat pada mobilnya. Mulai dari terdapatnya lubang ataupun noda kecil pada Bugatti, sebelum proses cat dimulai.

Tentunya ini memerlukan komitmen dan ketelitian yang luar biasa, seperti yang dikatakan oleh Simon Vetterling, spesialis bodi dan pengecatan Bugatti. Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut dapat memenuhi standar tinggi dari Bugatti.

"Pengecatan pada mobil hyper sports car tidak hanya membutuhkan keahlian yang luar biasa tetapi juga komitmen dan ambisi untuk selalu memenuhi standar kualitas tinggi merek, minggu demi minggu, mobil demi mobil," ungkap Simon yang dikutip dari Carscoops, Jumat, 17 Maret 2023.

Setelah pemeriksaan panel bodi selesai tanpa adanya cacat, pengrajin menempelkan lapisan cat primer awal, yang kemudian diperhalus dengan sempurna sehingga mencegah terbentuknya gelombang ataupun lubang yang bahkan tidak terlihat dengan kasat mata.

Prosesnya membutuhkan waktu 100 jam, dan selanjutnya akan memakan waktu 100 jam lahu sebelum lapisan warna pertama di cat. Setelah pengecatan dilakukan, setiap panel diperiksa dan apabila terdapat warna yang tidak sesuai, maka akan dicat ulang.

Bugatti mengatakan bahwa memastikan warna tetap konsisten pada seluruh panel yang berbeda merupakan tantangan yang amat besar karena mereka terkadang mengecat bagian logam, bagian karbon fiber, sehingga perlu penyesuaian pada masing-masing bagian dan memerlukan waktu yang lama untuk penyempurnaan.

Meskipun begitu, proses pengecatan belum selesai. Setelah cat memenuhi standar dan sesuai, diperlukan pemolesan selama empat hari untuk memastikan bahwa pemolesan benar-benar sempurna.

Kemudian, mobil yang dicat tersebut dibawa ke terowongan cahaya milik Bugatti agar diperiksa selama sepuluh jam untuk mengecek apakah terdapat kecacatan atau tidak.

Christophe Piochin, selaku presiden Bugatti Automobiles mengatakan, pihaknya melakukan hal tersebut demi mempertahankan tradisi yang telah dibawa oleh pendiri Bugatti, Ettore Bugatti.

"Ettore Bugatti tumbuh dalam keluarga seniman, dan kanvasnya ialah mobil, bahkan sebelum orang menganggapnya sebagai karya seni" ungkap Piochin.

"Kami mempertahankan etos tersebut hingga hari ini di Bugatti, memastikan bahwa setiap aspek desain dan produksi diselesaikan dengan dedikasi terhadap keunggulan estetika," tambah Piochin yang dikutip dari rilis resmi Bugatti.