Menuju Sepenuhnya Kendaraan Listrik, Bagaimana Kesiapan Lexus?
Konferensi pers peluncuran All New Lexus RZ. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - All-New Lexus RZ Lexus adalah SUV elektrik terbaru Lexus yang dipamerkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. All New Lexus RZ diklaim mobil yang mampu menggabungkan unsur Lexus Electrified, Limitless Design, Lexus Driving Signature dan Human Centered Technology.

Peluncuran ini memberi indikasi bahwa Lexus mulai bersiap memproduksi sepenuhnya mobil elektrik pada masa datang.

Hal itu dibenarkan oleh Marketing Director dari PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandi. Ia mengatakan saat ini Lexus telah mengurangi produksi mobil berbahan bakar bensin. Bahkan, Lexus berharap pada 2025 Lexus tidak memproduksi mobil bermesin Internal Combustion Engine atau berbahan bakar konvensional di Indonesia.

"Untuk saat ini, model yang non-elektrifikasi dari Lexus tinggal sedikit. Sesegera mungkin, kami berharapnya kalau bisa 2025 di Indonesia, kami sudah tidak ada lagi memproduksi model yang non-elektrik. Tentu saja kita sedang diskusikan dengan pusat soal itu," ujar Jimmi, setelah konferensi pers kepada VOI, Jumat, 10 Maret.

Tentunya apa yang ia katakan sejalan dengan program yang sedang Lexus jalankan, yaitu mulai 2030 Lexus akan memproduksi sepenuhnya model Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) hingga akhirnya pada akhirnya pada 2035 hanya model Electric Vehicle (EV).

"Dan juga, target Lexus untuk menjual semua modelnya PHEV ialah 2030. Lalu, untuk 2035 hanya EV. Tidak ada lagi hybrid," tambah Jimmi.

Perlu diketahui, Lexus telah memproduksi mobil non-bahan bakar bensin sejak 2005 melalui Lexus RX 400h. Seiring berkembangnya zaman, produsen mobil mewah tersebut melanjutkan pengembangan teknologi deni menyediakan produk elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.