Hyundai Luncurkan Ultra-Fast Charging dengan Kapasitas Besar di Plaza Indonesia
Momen pemotongan pita peluncuran Ultra-Fast Charging Hyundai. (Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Mendukung upaya pemerintah serta ekosistem kendaraan listrik, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) bekerja sama dengan Plaza Indonesia membangun dan baru merilis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) model Ultra-Fast Charging.

Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia, Makmur mengungkap, dipilihnya Plaza Indonesia hanya sebagai langkah awal untuk membangun Ultra-Fast Charging, yang nantinya juga akan tersedia pada mall yang bekerja sama dengan HMID.

"Ini hanya satu dari sekian rencana yang kita bangun untuk Ultra-Fast Charging. Ini merupakan Charging dengan kapasitas terbesar yakni 240 kW," ujar Makmur setelah peluncuran Ultra-Fast Charging di Plaza Indonesia, 9 Maret.

Ia pun juga mengatakan, selain mall, tempat-tempat lain seperti restoran dan hotel juga berhak memiliki stasiun pengisian daya untuk melancarkan program kendaraan listrik.

Namun, Makmur berpendapat bahwa masih terlalu mahal bila tempat lain menyediakan Ultra-Fast Charging. Jadi untuk alternatif, pihaknya menyediakan Wall Charger dan mereka terbuka untuk kerjasamanya,

"Ini investasi yang sangat mahal. Saya tidak perlu menyebutkan harganya, tapi kalau memang ada mall yang ingin bekerja sama kita akan bicarakan lebih lanjut. Tapi, untuk Wall Charger bila mereka ingin membelinya, kami terbuka akan hal tersebut," ujarnya.

Dikatakan juga, pihak HMID juga telah melakukan pembicaraan dengan mall lain atas kebutuhan Ultra-Fast Charging ini. 

"Untuk lainnya, tunggu tanggal mainnya. Ini sudah yang pertama. Sebuah kebanggaan bisa meluncurkan Ultra-Fast Charging pertama. Ini bisa mengisi daya dari 0 hingga 80 persen dengan waktu 18 menit," tambah Makmur.

Hyundai Ultra-Fast Charging adalah stasiun pengisian daya tercepat yang dimiliki oleh Hyundai. Dengan kapasitas 240 kW, tentunya daya yang diperoleh lebih besar bila dibandingkan "Wall Charger" 70 kW. 

Semua mobil Hyundai bertenaga listrik dapat mengisi daya dengan pengisian daya ini, termasuk Ioniq 5 melalui aplikasi My Hyundai.