Jadi Bukti Penting Saat Kecelakaan, Apa Itu <i>Dashcam</i> Mobil?
Ilustrasi dashcam mobil (foto: dok. Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu Dashcam? Dashcam adalah kependekan dari dashboard camera. Ini merupakan salah satu aksesoris yang dipasang di mobil untuk membantu keselamatan berkendara.

Dashcam dapat menjadi ‘saksi bisu’ serta bukti yang kuat ketika pengendara menghadapi oknum yang mencoba tipu-tipu di jalan dengan berpura-pura sebagai korban tabrak lari.

Nah, dalam artikel kali ini, akan dibahas apa itu dashcam mobil beserta fungsi dan cara kerjanya.

Apa Itu Dashcam Mobil?

Dasboard camera (dashcam) mobil adalah sebuah kamera berukuran kecil yang dipasang pada bagian dasboard mobil atau bagian depan dalam kaca mobil. Pemasangan aksesoris ini bertujuan untuk merekam kejadian apa saja yang terjadi saat berkendara.

Selain dipasang di bagian dalam kaca mobil, dashcam juga sering dipasang pada bagian belakang mobil dan belakang kaca spion tengah. Hal ini akan membuat jarak pengambilan gambar bisa menjadi lebih optimal.

Apa Fungsi Dashcam Mobil?

Fungsi utama dashcam mobil, yakni sebagai alat perekam selama berkendara. Rekaman dari kamera dashboard dapat menjadi bukti jika pengemudi mengalami kecelakaan.

Selain itu, kehadiran dashcam juga dapat mengindarkan pengemudi dari kejahatan penipuan dan pemerasan. Misalnya, ketika seseorang berpura-pura tertabrak mobil, kemudian menuntut ganti rugi.

Hal semacam itu bisa dihindari, karena dashcam dapat merekam kejadian yang terjadi di luar mobil.

Dashcam juga biasanya bisa menjadi nilai lebih yang diperhitungkan ketika akan mengajukan atau mendaftarkan asuransi mobil. Sebab, hasil rekamannya dapat mempermudah pemilik kendaraan untuk melakukan klaim asuransi mobil.

Sejumlah dashcam, kini telah terpasang fitur GPS. Fitur ini akan memudahkan pemilik kendaraan untuk mengetahui posisi mobil ketika dalam kondisi terparkir.

Bagaimana Cara Kerja Dashcam Mobil?

Ilustrasi dasboard camera
Ilustrasi dasboard camera (PCMag)

Menyadur CNN Indonesia, Jumat, 24 Februari 2023, dashcam mobil yang memiliki fungsi sebagai kamera pengawas, mendapatkan tenaga langsung dari mobil. Energi tersebut mengalir melalui adaptor yang dicolok ke colokan 12V.

Cara kerja ini membuat dashcam bisa disetel menyala dan merekam otomatis ketika mesin mobil menyala.

Dashcam mobil memiliki banyak jenis. Misalnya, perangkat yang hanya punya satu kamera untuk menghadap depan atau dua kamera untuk sekaligus memantau area depan dan kabin.

Akan tetapi, dashcam umum dipsang di kaca depan dan dekat spion tengah. Kamera biasanya dihadapkan ke arah kap mesin untuk merekam kejadian di depan pengemudi.

Untuk dashcam yang dibekali dua kamera, kamera lainnya digunakan untuk merekam aktivitas di dalam kabin. Aksesoris ini biasanya dipakai seseorang yang menggunakan sopir pribadi untuk mengetahui aktivitas mengemudi misalnya saat mengantar anak sekolah.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin memasang dashcam, pemasangannya disarankan menghadap depan dan diposisikan pada tengah kaca depan agar bisa mengambil gambar lebih luas. Peletakan ini penting sebab umumnya dash cam bisa mengambil sudut gambar hingga 150 derajat.

Demikian informasi tentang apa itu dashcam beserta fungsi dan cara kerjanya. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.