Enggak Perlu Mahal, Ini Rekomendasi <i>Dashcam</i> Buat di Mobil
Ilustrasi dashboard camera (PCMag)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan ini penggunaan dashcam atau dashboard camera jadi sangat penting, tak hanya merekam aktivitas selama berkendara. Tapi bisa juga jadi alat bukti dalam kecelakaan di jalan ketika banyak pihak saling menyalahkan. 

Prinsipnya dashcam bisa dikatakan seperti blackbox pada sebuah pesawat terbang yang akan merekam berbagai kejadian selama Anda berkendara di jalan. Lalu berapa sih harga pasang dashcam di mobil?

Mengingat fungsinya untuk merekam aktivitas selama berkendara di jalan. Sebenarnya sudah banyak merek dan vendor yang menawarkan kamera mobil, dengan rentang harga dari Rp1 juta sampai Rp3,5 jutaan. 

1. DOD LS430W car DVR

Dashcam merek DOD LS430W car DVR

Pertama ada DOD LS430W car DVR, kamera mobil ini memiliki dimensi 112.4 x 65 x 32.8 mm dan memiliki layar berukuran lebar 2.7 inci. Kendati ukurannya yang mungil, dashcam ini sudah dilengkapi 1/3 CMOS sensor untuk merekam gambar dengan lebih baik. Harganya dibanderol sekitar Rp3,3 jutaan.

2. Hella DR 530

Hella DR 530

Hella DR 530 merupakan salah satu dashcam terbaik yang direkomendasikan untuk Anda. Salah satu kelebihan dashcam tersebut adalah memiliki fitur smart gesture sensing. Adanya fitur tersebut dapat merekam Anda saat melambaikan tangan ke sensor yang terdapat di kamera. Harga jual Hella DR 530 adalah sekitar 1,75 juta rupiah.

3. Blackvue DR490-2CH

Dashcam Blackvue DR490-2CH

Dashcam Blackvue DR490-2CH cukup banyak direkomendasikan, selain adanya fitur sensor kamera dari Sony STARVIS. Salah satu kelebihan ini adalah bisa menghasilkan rekaman yang jelas walaupun pengambilan rekaman dilakukan di malam hari. Dashcam ini dibanderol dengan harga RpP2,8 jutaan.

4. Xiaomi 70 Smart Car DVR WiFi 1080P 

Xiaomi 70 Smart Car DVR WiFi 1080P 

Kamera mobil dashcam ini bisa dibilang yang paling terjangkau. Harganya sekitar Rp498 ribu sampai Rp750ribuan. Meski demikian, kualitas dashcam ini tidak boleh diragukan, salah satu kelebihan kamera mobil tersebut adalah memiliki fitur Voice Control misalnya perintah untuk memfoto, merekam video, mengaktifkan maupu menonaktifkan perekam suara dan Wi-Fi.

Dashcam buatan Xiaomi ini juga memiliki fitur HIGH ISO sensor pada kameranya. Dengan demikian, kamera dashcam mampu merekam full HD walaupun berada di daerah minim cahaya sekalipun.

Kesimpulan

Memasang dashcam memang diperuntukan untuk merekam berbagai kejadian selama Anda berkendara di jalan. Namun, bukan berarti pengemudi bisa lalai dan melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Seperti video yang viral di Twitter, dua orang anggota polisi Patroli Jalan Raya (PJR) hendak menilang seorang pengemudi mobil. Namun, batal karena pengendara mobil merasa tak bersalah dan berdalih punya rekaman CCTV sebagai buktinya.