Bertone  Luncurkan <i>Hypercar</i>  yang Berbahan Bakar Sampah Plastik, Hanya Diproduksi 33 Mobil
Bertone GB110, mobil sport dengan bahan bakar limbah plastik. (foto: dok. bertone.id)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan mobil legendaris asal Italia, Bertone, telah meluncurkan 'hypercar' baru yang ditenagai oleh bahan bakar yang terbuat dari sampah plastik.

Mobil yang disebut Bertone GB110 baru menggunakan 'Select Fuel', metode yang dipatenkan untuk mengubah bahan polikarbonat limbah, seperti botol plastik, menjadi bahan bakar cair.

Bertone belum mengungkapkan harga untuk mobil tersebut, tetapi mengatakan bahwa mobil itu akan mirip dengan karya seni' yang memungkinkan serangkaian modifikasi agar sesuai dengan selera dan identitas unik.

Dalam edisi terbatas hanya 33 kendaraan telah diluncurkan untuk menandai peringatan 110 tahun Bertone, tetapi mobil baru akan dikirimkan ke pelanggan paling cepat musim semi 2024.

Bertone telah mengungkapkan render artistik dari kendaraan yang memamerkan desainnya, menunjukkan bahwa mobil itu sendiri masih disatukan.

“GB110 melanjutkan warisan otomotif Bertone dan merupakan interpretasi kontemporer dari DNA Bertone,” kata manajer proyek dan desain, Giovanni Sapio, seperti dikutip Daily Mail.

“Ini memberi penghormatan kepada perintis desain Bertone dari tahun 50-an dan 70-an, menggabungkan garis-garis lembut dan bulat dari tahun 50-an dengan tepi tajam gaya tahun 70-an,” tambah Sapio.

Bertone didirikan pada tahun 1912 oleh desainer mobil Italia Giovanni Bertone, namun perusahaan tersebut bangkrut pada tahun 2014. Perusahaan terkenal karena desain ikonik seperti bentuk 'irisan Italia' bersudut tajam dari Lamborghini Countach.

Sebelumnya pada tahun 2022, saudara laki-laki Mauro dan Jean-Franck Ricci memperoleh hak atas merek tersebut dan menghidupkannya kembali, dimulai dengan produksi GB110.

Mereka mengklaim itu adalah mobil performa tinggi pertama yang akan disuplai dengan bahan bakar yang terbuat dari sampah plastik.

“Kami percaya bahwa de-polusi akan memerlukan solusi yang berbeda dengan kombinasi teknologi,” kata Jean-Franck Ricci, CEO Bertone. “Sampah plastik perlu diperlakukan sebagai sumber daya yang berharga.”

“Melalui kemitraan kami dengan Select Fuel, kami mengambil apa yang pernah terbuang dan mengubahnya kembali ke bentuk aslinya,” ujarnya.

Select Fuel menggunakan proses yang dipatenkan yang mengubah plastik yang sudah dibersihkan dan diparut menjadi bahan bakar cair.

Bahan bakar terbarukan juga dapat dibuat dari biomassa seperti limbah lemak dan minyak, limbah pertanian seperti tanaman  camelina atau rapeseed atau limbah kota seperti potongan rumput dan sisa makanan.

“Kami menyadari bahwa sampah plastik adalah masalah lingkungan utama,” kata Select Fuel di situs webnya. “Kami telah berkomitmen untuk mengembangkan teknologi yang mengubah bahan polikarbonat menjadi bahan bakar terbarukan dan berkelanjutan.”

“Dengan teknologi canggih-plastik-ke-bahan bakar mutakhir kami, produk-produk Select Fuel dapat digunakan dalam berbagai aplikasi,” kata Select Fuel.

“Bahan bakar kami digunakan dalam segala hal mulai dari industri transportasi dan bahan bakar penerbangan terbarukan hingga olahraga motor dan mobil sport kelas atas termasuk Bertone GB110,” ungkap Mereka.

Selain sumber tenaganya yang unik, kendaraan baru ini juga memiliki fitur menarik lainnya, seperti tertuang dalam render tersebut.

Menurut perusahaan, GB110 memiliki gearbox tujuh kecepatan dan dapat melaju dari 0 hingga 60 mil per jam dalam 2,79 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 236 mil per jam.

Seperti model Bertone klasik, bentuknya yang baji memberikan aerodinamis canggih, memungkinkannya mencapai kecepatan yang mengesankan, meskipun eksteriornya yang ramping menunjukkan bahwa mobil ini 'tidak hanya tentang tenaga dan performa mentah'.

Mobil ini juga memiliki sepasang pintu gunting, yang berputar secara vertikal pada engsel tetap di depan, bukan ke luar seperti pintu konvensional.

Situs web perusahaan mengatakan itu memberi penghormatan kepada 'desain Bertone perintis dari tahun 50-an dan 70-an dan telah 'dipahat untuk kehadiran yang menonjol tanpa batas waktu'.

Bagi yang berminat membeli GB110 mungkin harus beruntung, mengingat hanya akan diproduksi sebanyak 33 unit.

Calon pembeli dapat mendaftar di situs web Bertone untuk mendaftarkan minat mereka dan menerima lebih banyak informasi tentang Bertone GB110, yang merupakan seri pertama dari kendaraan Bertone edisi terbatas yang baru.

Terkait