Lahirnya Aktris Ikonik Marilyn Monroe dalam Sejarah Hari Ini 1 Juni 1926
Marilyn Monroe saat berpose dalam film Manhattan for The Seven Year Itch (dok. Wikimedia commons)

Bagikan:

JAKARTA - Tepat hari ini 1 Juni, aktris glamor Marilyn Monroe lahir di dunia. Aktris bernama asli Norma Jeane Mortenson itu lahir di Los Angeles, California pada tahun 1926. Dia kemudian diberi nama ibunya dan dibaptis dengan nama Norma Jeane Baker.

Masa kecil Marlyn Monroe bisa dibilang pahit. Kakek dan nenek serta ibu Monroe harus berada di rumah sakit jiwa sementara Monroe tidak tahu siapa ayahnya.

Hal tersebut mengakibatkan Monroe harus tinggal dengan serangkaian keluarga angkat. Monroe lalu menikah dengan salah satu tetangganya, James Dougherty, ketika masih berusia 16 tahun. 

Mengutip laman History, Marilyn Monroe pernah bergabung dalam Merchant Marines dan dikirim ke Pasifik Selatan selama Perang Dunia II. Kala itu seorang fotografer "menemukan" Marilyn Monroe yang fotogenik saat dia bekerja di pabrik amunisi California.

Hal tersebut membawa Monroe segera ke karier modeling yang sukses. Dia cerai dengan Dougherty pada Juni 1946 dan segera setelah itu menandatangani kontrak film dengan 20th Century Fox.

Ikon Seksi dalam Film

Pada awal karier aktingnya, Marilyn Monroe mengecat rambut aslinya yang berwarna coklat menjadi pirang dan mengenalkan lebih luas nama panggungnya, Marilyn Monroe. Setelah sedikit berperan dalam The Shocking Miss Pilgrim pada 1947, dia berhasil mendapat berbagai peran kecil sebelum akhirnya mendapatkan tempat di film thriller John Huston The Asphalt Jungle (1950).

Pada tahun yang sama, dia juga menarik perhatian di All About Eve, yang juga dibintangi Bette Davis. Penampilan sejatinya, bagaimana pun, saat di Niagara (1953), sebuah thriller di mana Monroe memerankan seorang istri muda yang tidak setia yang berkomplot dengan kekasihnya untuk membunuh suaminya.

Setelah membintangi film Gentleman Prefer Blondes dan How to Marry a Millionaire, Monroe berada di puncak daftar A Hollywood. Pada Januari 1954, ia menikah dengan pemain baseball hebat Joe DiMaggio di San Francisco setelah menjalin hubungan asmara selama dua tahun.

Meskipun pers memuji hubungan mereka sebagai hubungan cinta yang klasik, masalah mulai muncul segera. DiMaggio tidak nyaman dengan citra publik seksi Marlyn Monroe dan popularitasnya yang liar.

Hal itu dibuktikan oleh kerusuhan yang nyaris terjadi di antara prajurit AS yang ditempatkan di Korea selama pertunjukan yang Monroe berikan di tengah bulan madu pasangan itu. Keduanya bercerai pada Oktober 1954, hanya sembilan bulan menikah, tetapi tetap berteman baik. 

Monroe berusaha untuk beralih ke peran akting yang lebih serius, belajar di studio aktor bergengsi di New York. Dia mendapat ulasan positif untuk aktingnya di Halte Bus (1956), The Prince and the Showgirl (1957) dan khususnya Some Like It Hot (1959).

Namun, pada 1961, masalah dalam kehidupan pribadi Monroe menyebabkan kerentanan emosionalnya meningkat. Pada tahun itu, ia dua kali dirawat di rumah sakit untuk observasi psikiatri dan beristirahat.

Film terakhirnya adalah The Misfits (1961), yang ditulis oleh Miller dan dibintangi bersama oleh Montgomery Clift dan Clark Gable. Pada Juni 1962, Fox memberhentikan aktris tersebut setelah absen berulang kali. 

Kematian Monroe

Monroe meninggal di rumahnya di Los Angeles pada 5 Agustus 1962, pada usia 36 tahun. Sebotol pil tidur kosong ditemukan di dekat tempat tidurnya. Ada beberapa spekulasi selama bertahun-tahun bahwa dia mungkin telah dibunuh, tetapi penyebab kematiannya secara resmi dinyatakan karena overdosis.

Monroe dimakamkan dengan gaun Emilio Pucci favoritnya. Ia juga dibaringkan dalam "peti Cadillac" peti mati paling mewah. Peti tersebut terbuat dari perunggu dan dilapisi dengan sutra berwarna sampanye. Hugh Hefner membeli ruang bawah tanah tepat di sebelah tempat peristirahatan Marlyn Monroe.