Lagu New York, New York yang Dipopulerkan Frank Sinatra Jadi Theme Song Kota New York dalam Sejarah Hari Ini, 7 Februari 1985
Frank Sinatra, penyanyi kenamaan yang mempopulerkan lagu New York, New York. (Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA – Sejarah hari ini, 39 tahun yang lalu, 7 Februari 1985, lagu New York, New York yang dipopulerkan Frank Sinatra terpilih jadi theme song (lagu tema) Kota New York, Amerika Serikat (AS). Pemilihan lagu itu mendapatkan restu langsung Wali Kota New York, Ed Koch.

Ia menganggap lagu New York, New York mampu menghadirkan kebanggaan. Sebelumnya, lagu itu muncul pertama kali dalam film drama musical berjudul sama: New York, New York (1977). Lagu itu kemudian menarik perhatian Sinatra dan mempopulerkannya kembali.

Tiada yang meragukan insting sutradara kenamaan AS, Martin Scorsese dalam membuat film. Ia tak gentar mencoba membuat film lintas genre. Bahkan, ia merasa tertantang ketika membuat film drama musikal pada 1970-an.

Ia ingin menceritakan terkait kisah cinta romantis antara sesama musisi -- pemain saksofon, Jimmy Doyle (Robert de Niro) dan seorang penyanyi Francine Evans (Liza Minnelli). Martin berharap film itu dapat menghasilkan lagu-lagu berkualitas.

Potret Kota New York yang didominasi gedung bertingkat. (Wikimedia Commons)

Persiapannya tak main-main. Penulis lagu kenamaan, Fred Ebb dan ohn Kander dilibat. Tujuannya supaya filmnya dapat laris manis. Hasilnya mengagumkan. Lagu New York, New York pun lahir. Lagu itu langsung membuat De Niro dan Liza jatuh hati.

Liza pun kepincut memainkan. Alhasil, film bertajuk sama dengan judul lagu, New York, New York pun diperkenal ke khalayak umum pada 1977. Lagu itu langsung merebut hati banyak orang, tak terkecuali penyanyi kesohor Franz Sinatra.

Lagu New York, New York beberapa kali dibawakan oleh Sinatra dalam berbagai kesempatan. Namun, akhirnya ia meminta izin kepada penulis dan penyanyi untuk merekam lagu itu pada 1979. Hasilnya, lagu New York, New York menjadi bagian dari album barunya Trilogy: Past Present Future (1980).

Suara khas Sinatra pun membius seantero AS, kemudian dunia. Lagu itu mendadak diperdengarkan dalam ragam hajatan, acara pemerintah, pusat perbelanjaan, hingga olahraga di seantero New York. Narasi itu turut membuktikan bahwa Sinatra sekali lagi masih memiliki tempat spesial di hati penggemarnya.

Frank Sinatra dalam sebuah penampilan di televisi. (Wikimedia Commons)

“Namun, lagu ini mendunia ketika Frank Sinatra mempopulerkannya. Penulis biografinya menyebut bahwa Sinatra menggambarkan New York, New York sebagai 'salah satu bagian yang paling menarik dari musik sepanjang berkarier.”

“Ini semua terjadi di akhir 70-an, ketika New York adalah kota yang terkenal berbahaya. Sinatra membawa versi baru New York, New York mengubah wajah suram Kota New York,” tulis Gary Barlow dalam buku A Different Stage (2022).

Semangat lagu yang bercerita terkait daya tarik dan semangat Kota New York mampu membius banyak orang. Sebuah semangat yang membuat banyak orang berbondong-bondong datang ke Kota New York dan merintis mimpi besar.

Walikota New York era 1978-1989, Edward Irving Koch (Ed Koch) tak mau ketinggalan. Ia mengapresiasi lebih lagu New York, New York. Baginya, lagu itu bak mewakili semangat kota yang dipimpinnya. Ia pun akhirnya menetapkan lagu New York, New York yang dipopulerkan Sinatra sebagai theme song Kota New York pada 7 Februari 1985.

“Boleh jadi tidak ada lagu yang dapat menangkap semangat dan imajinasi New York selain lagu New York, New York. Suara magis Sinatra tak pernah dilupakan di Kota New York.  Walikota Ed Koch tampaknya setuju menjadikan lagu itu sebagai theme song Kota New York pada 1985. Dia mengumumkannya sebagai lagu resmi Kota New York.”

“Sekalipun banyak yang mengungkap status resmi itu tak sah. Sebab, pengumuman itu tak membuat lagu New York, New York hadir dalam produk hukum Kota New York, sebagaimana yang terjadi di berbagai wilayah atau kota lainnya di dunia,” ujar Jonathan Wolfe dalam tulisannya di laman The New York Times berjudul New York Today: Our City’s Anthem (2017).