18 Februari dalam Sejarah: Pengumuman Pertama Pemenang Piala Oscar yang Jauh dari Glamor
Academy Awards 1988 (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk pertama kalinya mengumumkan pemenang Academy Awards pada 18 Februari 1929. Academy Awards atau yang sekarang populer dengan nama penghargaan Piala Oscar, saat itu sangat jauh dari ketegangan, glamor, dan liputan pers seperti saat ini.

Jangan membayangkan pengumuman tersebut dilakukan di perhelatan akbar nan megah. Nama para penerima penghargaan hanya dicetak pada halaman belakang sebuah buletin. Beberapa hari kemudian, Variety mempublikasikan informasi tersebut di halaman ketujuh.

Acara pemberian penghargaan dan jamuan makan malam baru diselenggarakan pada Mei 1929. Mengutip History, Kamis, 18 Februari, perhelatan pemberian penghargaan digagas oleh maestro film Louis B. Mayer.

Diselenggarakannya Academy Awards sebagai organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk kemajuan dan peningkatan industri film. Penghargaan pertama diberikan kepada film yang diproduksi pada 1927 dan 1928.

Meski pengumuman sudah dibuat pada 18 Februari 1929, penghargaan yang sebenarnya tidak diberikan sampai akhirnya terdapat perhelatan Academy Awards pada 16 Mei 1929. Acara tersebut diadakan di Blossom Room di Hollywood Roosevelt Hotel.

Sekitar 270 orang menghadiri acara tersebut, banyak yang membayar 5 dolar AS masing-masing untuk sebuah tiket. Pemenang Academy Awards saat itu pertama kalinya menerima piala patung emas yang dirancang oleh Art Director Cedric Gibbons dan dipahat oleh George Stanley.

Presiden pertama Academy Awards, aktor film bisu, Douglas Fairbanks, membagikan patung-patung tersebut kepada para pemenang, termasuk Janet Gaynor untuk Aktris Terbaik dan Emil Jannings untuk Aktor Terbaik. Frank Borzage dan Lewis Milestone, keduanya memenangi penghargaan Sutradara Terbaik, masing-masing untuk Seventh Heaven dan Two Arabian Knights.

Penghargaan Film Terbaik diraih oleh Wings, drama Perang Dunia I yang disutradarai oleh William Wellman. Pada perhelatan Academy Awards kedua, terdapat kebijakan baru dengan merilis nama pemenang kepada pers pada pukul 11 ​​malam saat malam upacara penghargaan dilakukan.

Praktik ini berakhir pada 1940 setelah Los Angeles Times melepaskan diri dari tradisi dan menerbitkan para penerima penghargaan pada malam sebelum acara dimulai. Pihak penyelenggara lalu menerapkan sistem amplop tertutup, yang masih digunakan sampai sekarang.

Keberlanjutan Oscar

Penghargaan tersebut tidak dijuluki "Oscar" sampai 1931. Saat itu seorang sekretaris mencatat kemiripan patung itu dengan Paman Oscar. Banyak versi tentang Paman Oscar dan trofi.

Namun, yang paling sering dibahas adalah Paman Oscar yang merujuk pada seorang petani di Texas. Petani itu merupakan paman dari penjaga perpustakaan di Academy of Motion Pictures Art and Science.

Kelakar sekretaris itu kemudian ditulis oleh seorang jurnalis. Dari situlah nama Piala Oscar meluas.

Piala Oscar (Sumber: Commons Wikimedia)

Malam pemberian Piala Oscar disiarkan di radio hingga 1953, lalu akhirnya ditayangkan di televisi. Sejak itu, Academy Awards menjadi salah satu acara televisi yang paling banyak ditonton di dunia.

Pembawa acara tersebut ialah Will Rogers, Jack Benny, Johnny Carson, Billy Crystal, Whoopi Goldberg, Steve Martin, Chris Rock, Ellen DeGeneres dan Jon Stewart. Untuk 2021, nominasi Oscar akan diumumkan pada 15 Maret 2021, dengan pemungutan suara akan berlangsung selama enam hari dimulai pada 5 Maret.

Academy Awards tahunan ke-93 dijadwalkan disiarkan langsung di ABC pada Minggu 25 April dari berbagai lokasi termasuk Teater Dolby. Karena pandemi COVID-19, terdapat kelonggaran syarat bagi film yang ingin bersaing di dalamnya menyusul tidak adanya bioskop yang buka.

Bahkan banyak film yang diundur jadwal penayangannya atau bahkan dibatalkan dan ketersediaan filmnya pun dipindah ke platform streaming.

SEJARAH HARI INI lainnya