Bagikan:

JAKARTA – Korea Selatan memiliki kesempatan balas dendam atas Amerika Serikat saat mereka berjumpa untuk pertama kalinya setelah di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Korea dan Amerika akan bertemu pada matchday pertama penyisihan Grup E di Jakarta International Stadium, Minggu, 12 November 2023. Kick off pertandingan dimulai pukul 19.00 WIB.

Terakhir kali kedua tim tersebut berhadapan di kompetisi ini adalah pada babak grup edisi tahun 2003 silam. Ketika itu Amerika Serikat menang telak dengan skor 6-1.

Setelah satu dekade berlalu, ini adalah peluang Korea memberikan balas kepada lawan mereka itu. Terlebih mereka saat ini hadir dengan bintang-bintang belia hasil pembinaan usia muda yang berkualitas.

Korea hadir di Piala Dunia U-17 edisi Indonesia dengan status sebagai runner up Piala Asia U-17 di Thailand. Mereka kalah melawan rival Jepang di final, tetapi itu adalah perjalanan yang jauh melampaui ekspektasi.

Setelah apa yang dilakukan di Asia, Korea pun datang ke Indonesia dengan membawa target untuk mengukir perjalanan yang tidak akan terlupakan.

Ini setelah pada enam partisipasi mereka sebelumnya, perjalanan terjauh yang sukses dibuat adalah mencapai perempat final tiga kali, masing-masing di tahun 1987, 2009, dan 2019.

Meski demikian, hasrat Korea ingin mengukir sejarah di Indonesia langsung mendapat tantangan dari salah satu tim dengan sejarah panjang di kompetisi kelompok umur ini.

Amerika Serikat adalah satu dari dua negara bersama Brasil yang tercatat memiliki catatan partisipasi terbanyak di kompetisi. Piala Dunia di Indonesia adalah keikutsertaan ke-18 mereka.

Sayangnya, jumlah penampilan sebanyak itu tidak ada satu pun yang berujung gelar. Di rentang waktu itu, mereka mencapai perempat final sebanyak lima kali dan menjadi semifinalis satu kali.

Perkiraan Formasi

Korea Selatan (4-3-3): Gyungjun Lee; Suro Lee, Changwoo Lee, Minwoo Kang, Minjun You; Jehoon Cha, Doyong Yoon, Inwoo Back, Taeho Jin; Myeongjun Kim, Gaon Baek.

Amerika Serikat (4-4-2): Adam Beaudry; Oscar Verhoeven, Tahir Reid-Brown, Tyler Hall, Stuart Hawkins; Matthew Corcoran, Pedro Soma, Cruz Medina, Taha Habroune; Micah Burton, Nimfasha Berchimas.