30 Januari dalam Sejarah: Berdirinya Perusahaan Mobil Mazda
Produk pertama Mazda (Wikimedia commons)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, Mazda dikenal dengan kendaraan berkualitas dan terjangkau. Namun siapa sangka pabrikan otomotif ini dulunya merupakan sebuah perusahaan yang membuat gabus di Hiroshima, Jepang. 

Pada 30 Januari 1920, Jujiro Matsuda (1875-1952) membentuk Toyo Cork Kogyo. Perusahaan ini menjadi cikal bakal lahirnya mobil pertama bernama Mazda.

Pada 1931, perusahaan meluncurkan Mazda-Go, kendaraan roda tiga yang menyerupai sepeda motor dengan pengangkut kargo di bagian belakang. Mengutip situs Mazda, karena kendaraan dibuat oleh sebuah perusahaan yang dikelola oleh seorang bernama Matsuda, nama 'Mazda-Go' terdengar cukup pas.

Pertanyaannya, mengapa dieja 'Mazda' bukan Matsuda? Mazda berasal dari Ahura Mazda, dewa harmoni, kecerdasan dan kebijaksanaan dari peradaban paling awal di Asia Barat. Anggota kunci Toyo Kogyo menafsirkan Mazda sebagai simbol awal peradaban Timur dan Barat, tetapi juga simbol peradaban dan budaya otomotif. 

Berusaha keras untuk memberikan kontribusi bagi perdamaian dunia dan menjadi penerang di industri otomotif, Toyo Kogyo berganti nama menjadi Mazda Motor Corporation. Mazda juga merupakan cara yang sempurna untuk menghormati pendiri substansial, yang nama keluarganya diucapkan sangat mirip dengan Mazda.

Melansir History, Sabtu 30 Sabtu 2021, rencana pengembangan mobil dihentikan selama Perang Dunia II dan pengeboman Hiroshima. Pada 1950-an, Mazda mulai membuat truk kecil beroda empat.

Perusahaan meluncurkan mobil penumpang pertamanya, R360 Coupe, pada 1960 di Jepang. Tujuh tahun kemudian, Mazda meluncurkan mobil bermesin rotary pertama, Cosmo Sport 110S. 

Mazda memasuki pasar Amerika pada 1970, dengan R100 coupe, mobil bertenaga putar yang diproduksi secara massal pertama di Amerika. Pada 1978, Mazda RX-7, mobil sport "performa puncak" yang terjangkau, memulai debutnya. Tahun berikutnya, Ford Motor Company mengambil 25 persen saham di perusahaan tersebut.

Pada 1989, di Chicago Auto Show, Mazda meluncurkan MX-5 Miata, mobil sport dua pintu dengan banderol harga mulai dari 13.800 dolar AS. Menurut Mazda, konsep mobil ini adalah "terjangkau untuk dibeli, ringan digunakan, dan tampilan roadster klasik.” Guinness Book of World Records pada 2000 menobatkan Miata sebagai mobil convertible dua kursi terlaris dalam sejarah.

Pada 1991, dalam tonggak sejarah lain bagi perusahaan, Mazda 787 B memenangkan perlombaan 24 Hours of Le Mans, menjadi mobil bertenaga rotari pertama serta mobil buatan Jepang pertama yang melakukannya. Namun, Mazda terkena dampak kemerosotan ekonomi di Jepang pada 1990-an dan pada 1996, Ford mengambil alih saham pengendali di pembuat mobil dan menyelamatkannya dari potensi kebangkrutan.

 

Ford dan Mazda lalu berbagi fasilitas manufaktur di beberapa negara dengan platform kendaraan dan sumber daya lainnya. Pada 2008, Ford, yang terkena dampak krisis ekonomi global dan mengalami kemerosotan penjualan mobil, melepaskan kendali Mazda dengan menjual 20 persen saham pengendali dengan harga sekitar 540 juta dolar AS. Di tahun yang sama, General Motors menjual sahamnya di Suzuki Motor yang berbasis di Jepang.

Pada 2009, Mazda merayakan ulang tahun ke-20 MX-5 Miata, yang penjualannya saat itu telah mencapai hampir 900.000. Mobil tersebut juga telah memenangkan hampir 180 penghargaan otomotif utama.