Arti Sesungguhnya dari <i>Challenge Accepted</i> di Instagram
Ilustrasi (Kreated Media/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, Rabu, 29 Juli, lini Instagram dipenuhi foto-foto wanita dalam warna hitam putih. Menggunakan tagar #ChallengeAccepted (tantangan diterima) serta tulisan Women supporting women (wanita mendukung wanita), sebenarnya ada arti khusus di balik unggahan tersebut.

Tagar ini sudah dipakai 4,5 juta dan digunakan oleh masyarakat dan juga figur publik. Namun, ada makna dibanding sekadar kata-kata itu.

Seorang pengguna Instagram @beelzeboobz menyebutkan challenge itu dimulai dari Turki untuk meningkatkan kesadaran akan tingginya pembunuhan wanita (femisida) di negara tersebut. “Orang Turki bangun setiap hari untuk melihat foto seorang wanita berwarna hitam putih yang dibunuh di laman Instagram mereka, koran, layar televisi.”

Foto hitam putih yang diunggah bukan hanya rasa sedih tapi juga wujud protes masyarakat terhadap pemerintah Turki agar bisa menyelamatkan wanita yang sering menjadi kasus femisida.

“Untuk menunjukan agar suatu hari, foto mereka bisa menjadi foto yang diberi warna hitam putih.” Dalam arti semua wanita bisa menjadi korban pembunuhan jika tidak ada perlindungan dari pemerintah.

Baru-baru ini, seorang wanita muda di Turki bernama Pinar Gultekin dibunuh secara brutal. Bukan hanya itu, dikabarkan femisida terjadi setiap tahunnya. Pada tahun 2019 bahkan lebih dari 500 kasus terjadi. Dilansir dari unggahan @auturkishculturalclub, pada bulan Juli ini saja, 40 wanita di Turki dibunuh oleh rekan pria mereka. Kebanyakan pelaku ini dibebaskan begitu saja.

Kini, wanita di Turki ingin meminta pemerintah agar memberi sanksi terhadap tersangka dan juga melindungi masyarakat terlepas dari gender apapun. Aksi yang berada di media sosial adalah bentuk kritik masyarakat. Sayangnya, tidak sedikit yang mengira challenge ini adalah untuk seru-seruan padahal ada arti besar yang ada di balik warna hitam putih.

Maka dari itu, jika ada sebuah tantangan yang ada di media sosial, ada baiknya mencari tahu dulu asal muasal challenge itu dibuat sehingga kita bisa belajar menghormati satu sama lain. Masyarakat juga bisa menyumbang ke penampungan di Istanbul melalui unggahan di atas.