Penelitian Sebut Orang Kaya Punya Kualitas Tidur Lebih Baik
Ilustrasi (Bruce Mars/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidur menjadi sebuah kegiatan yang berkualitas dan penting seiring pertumbuhan seseorang. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur berkualitas dengan jam yang ideal yakni 8 jam sehari.

Menurut penelitian yang dilakukan US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), seseorang yang menghasilkan uang lebih banyak memiliki waktu tidur yang cukup.

Sebanyak 55 persen orang yang memiliki ekonomi lebih, bisa mendapatkan tidur selama 7-8 jam tiap harinya. Tidur selama 7-8 jam memang dianjurkan agar hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Angka ini setiap tahunnya meningkat hingga 66 persen bagi orang dewasa yang memiliki penghasilan 400 persen di atas kelompok pertama. Tidur dengan waktu yang kurang pun memiliki efek negatif.

Efek negatif yang dihasilkan dari sedikitnya waktu tidur adalah kemungkinan rentan depresi, sakit diabetes, dan masih banyak lainnya.

Ada banyak alasan mengapa orang yang berpenghasilan lebih dari cukup bisa memiliki kualitas tidur lebih baik. Menurut Dr. Neil Kline, peneliti menyoal tidur menyebut beberapa alasan.

Orang yang memiliki banyak uang bisa memiliki rumah di lokasi yang sepi sehingga lebih banyak ruang dan tenang. Jika mereka merasa terganggu, mereka bisa meminta bantuan pihak kesehatan untuk membantu waktu istirahat mereka.

“Kita sering memprioritaskan pekerjaan dan acara sosial dibandingkan waktu tidur kita. Ketika kita tidak menerima tidur yang cukup, kita tidak berfungsi dengan baik dan kita dapat meningkatkan resiko penyakit nantinya,” jelas Kline dikutip dari CNN.

Mendapat Kualitas Tidur

Jangan khawatir dalam mengatasi kesulitan tidur Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda mulai agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Pertama, mulai disiplin dengan memiliki jadwal tidur. Biasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama agar menghindari penyakit metabolisme.

Hindari beristirahat di siang hari karena semakin lama Anda beristirahat di siang hari, semakin sulit Anda tidur pada malam hari. Hal ini bisa berujung pada insomnia.

Yang terakhir, coba berolahraga sebagai alternatif mendapat tidur yang cukup. Energi yang Anda hasilkan pada pagi hari bisa menimbulkan efek positif pada tidur Anda. Bagaimana? Ayo mulai istirahat dengan baik ya.