Satgas Saber Pungli Bagi Nomer Aduan di Terminal Bus Kalideres dan Samsat Jakbar
Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli AKBP Bismo (Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah tempat pelayanan masyarakat. Sidak tersebut dilakukan di lokasi rawan pungli yang berada di terminal bus Kalideres dan kantor Samsat wilayah Jakarta Barat.

"Kita imbau masyarakat jika ada yang melihat adanya praktik pungutan liar bisa langsung menghubungi call center yang telah tersedia," kata Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli AKBP Bismo saat dikonfirmasi, Sabtu 23 Oktober.

Pria yang menjabat sebagai Waka Polres Metro Jakarta Barat itu juga memberikan edukasi kepada masyarakat soal peran satgas saber pungli di lokasi rawan pungli. Petugas juga menerima saran dari masyarakat serta menempelkan stiker soal pungli.

"Kita minta saran dari para sopir bus dan pedagang yang ada di terminal. Apabila ditemukan pungli yang merugikan masyarakat, bisa menghubungi no call/sms center di 082119545306," ujarnya.

AKBP Bismo mengatakan, pungli merupakan salah satu program yang amat diperhatikan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk diberantas. Praktek pungli berdampak pada buruknya kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Bila hal tersebut dibiarkan, lanjutnya, maka akan menjalar pada hal yang lebih luas. Berbagai kegiatan preventif terus dilakukan dengan melibatkan partisipasi lintas sektor guna memberantas praktek pungli yang merugikan masyarakat.

Terkait