Dijamin Anti Ribet, Begini Cara Menanam Bunga Dahlia
Ilustrasi Bunga Dahlia (Blaque X/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Si cantik bunga dahlia merupakan tanaman yang berasal dari pegunungan Meksiko di Amerika Tengah. Ini adalah tanaman dikotil dan berasal dari rumpun yang sama dengan bunga matahari serta bunga krisan. Bunga dahlia memiliki ciri-ciri kelopak bunga tipis dan menumpuk dalam berbagai lapisan. Bentuk menawan jadi salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik memelihara bunga dahlia untuk mempercantik hunian. 

Umunya, ada tiga cara menanam bunga dahlia di rumah, yaitu dengan teknik benih, stek, dan umbi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan yang dirasa mudah dan murah.

Menanam dengan teknik benih

Teknik menanam bunga dahlia dengan benih merupakan cara paling mudah. Anda perlu menyebarkan benih secara merata di atas media tanam, lalu tutup tipis-tipis dengan lapisan tanah.

Kemudian, pastikan media tanam yang digunakan harus cukup lembab. Jika cuaca kering, tambahkan karung goni atau daun pisang, serta plastik transparan di atas media semai guna melindungi bunga.

Setelah bibit tumbuh dan mengeluarkan daun sempurna sekitar 6 lembar, pindahkan bunga ke tempat lebih besar dan isi dengan sekam serta pupuk kandang dengan komposisi 6:1.

Menanam dengan teknik stek

Jika memiliki teknik stek, Anda bisa menggunakan bagian tanaman seperti akan, daun, dan batang. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan potongan stek bunga dahlia yang sudah tumbuh di bagian tunas ketiak berukuran 7-10 cm. Pastikan memotong tunas dengan hati-hati dengan kondisi pisau bersih agar tidak terkontaminasi penyakit.

Terakhir, isi media tanam dalam polybag kecil yang telah dicampur sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 6:1. Lalu, tancapkan tunas yang telah dipotong ke dalam polybag.

Menanam dengan teknik umbi

Mengembangbiakkan bunga dahlia dengan teknik umbi butuh ekstra hati-hati. Anda perlu merendam umbi dahlia dalam air bersih. Lalu siapkan pot berukuran 30 cm yang telah diisi campuran media tanam, arang sekam, dan kompos. Selanjutnya, proses penanaman dimulai dengan memposisikan tunas di atas mendekati permukaan tanah. Lalu, umi diposisikan miring atau berbaring.  Letakkan dahlia di tempat yang teduh pada tiga hari pertama penanaman. Selanjutnya, pindahkan ke tempat terbuka.