Ini Tips Hadapi Masalah Kulit Karena Terlalu Lama Memakai Masker
Ilustrasi memakai masker (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sering memakai masker dalam waktu yang lama menjadi kebiasaan baru masyarakat akibat pandemi yang masih berlangsung. Masker dipercaya menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona karena menutupi bagian mulut.

Namun pemakaian yang terlalu bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah. Tidak sedikit orang yang mengalami masalah karena tidak cocok dengan bahan kain maupun pemakaiannya yang terlalu lama.

Dilansir dari Antara, Kamis, 23 Juli, dokter spesialis kulit dan kelamin Vitresa Zamri menjelaskan masalah kulit yang dialami dapat beragam namun memiliki solusi juga.

Untuk mereka yang punya tipe kulit berminyak, pemakaian masker yang terlalu bisa menimbulkan jerawat. "Memakai masker membuat panas, lembap dan keringat serta kotoran terkumpul di area masker, ini menjadi tempat munculnya kuman dan jerawat untuk mudah muncul," kata Vitresa dalam seminar Edukasi "Adaptasi Kebiasaan Baru: Cara Baru Gaya Hidup, Cara Baru Saling Jaga", Rabu kemarin.

Pemilik kulit kering juga menghadapi reaksi karena memakai masker terlalu lama. Iritasi adalah salah satu efek memakai masker terlalu lama. Khususnya di bagian pipi yang sering ditutupi masker.

Lebih lanjut, Dokter Vitresa menyarankan beberapa tips agar terhindari dari jerawat dan iritasi. Rajin mencuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan kulit. Tidak lupa setelah menggunakan masker, langsung bersihkan wajah dengan toner untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel.

Double cleansing pun dianjurkan. Double cleansing adalah menggunakan dua jenis pembersih untuk wajah. Tidak hanya ketika memakai masker namun double cleansing disarankan selalu dilakukan setiap hari.

Jika jerawat mulai timbul, segera totol obat jerawat di daerah tersebut. Namun kalau jerawat sudah menjadi infeksi, segera pergi ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Bagi Anda pemilik kulit kering, jangan lupa mencuci muka dengan sabun yang tidak sensitif. Pastikan penggunaan pelembap juga selalu dilakukan sehari-hari.

Dokter Vitresa juga tetap menganjurkan untuk rajin mencuci tangan. Selain untuk kebersihan, tanpa sadar kita sering memegang area wajah dengan tangan.