Bahaya Terlalu <i>Insecure</i> dalam Hubungan Percintaan, Bisa Merusak Mental
Ilustrasi (Nate Nielson/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perasaan insecure bisa terjadi dalam hubungan percintaan. Insecure adalah rasa tidak percaya pada diri sendiri atau perasaan tidak aman. Biasanya, dalam hubungan percintaan, perasaan insecure timbul karena merasa diri tidak pantas bersanding bersama pasangan. 

Perasaan ini tidak salah karena hal yang umum terjadi pada diri, tetapi jangan biarkan perasaan ini menjadi berlebihan. Bila Anda terlalu insecure, maka bisa berbahaya dalam menjalin hubungan percintaan. Apa saja bahaya dari perasaan insecure berlebihan tersebut? Simak artikel berikut ini, disadur dari laman Womantalk, Selasa, 28 September.

Tidak bisa merasa senang dengan pencapaian pasangan

Ketika merasa insecure, Anda akan sulit mendukung dan merasa senang dengan pencapaian pasangan. Padahal, saling mendukung satu sama lain sangat penting saat menjalin hubungan percintaan.

Jadi ketergantungan

Perasaan insecure bisa menimbulkan perasaan takut kehilangan yang sangat berlebihan. Akhirnya, Anda jadi ketergantungan bersama pasangan. Padahal, hal paling penting dalam menjalin hubungan percintaan adalah saling percaya satu sama lain dan bersikap mandiri. Selain itu, ketergantungan juga bisa membatasi waktu ‘me time’ Anda dan pasangan sehingga bisa menimbulkan hubungan percintaan yang tidak sehat.

Mudah cemburu

Insecure yang berlebihan juga bisa membuat Anda jadi mudah cemburu. Sebenarnya tidak masalah perasaan cemburu itu muncul, tetapi kalau jadi berlebihan, maka bisa menimbulkan sikap posesif. Akhirnya, secara tidak sadar, Anda mulai membatasi pasangan dalam menjalani aktivitasnya. Lama kelamaan, perasaan ini akan membuat hubungan jadi tidak sehat.

Mudah stres dan depresi

Perasaan insecure yang berlebihan juga bisa menimbulkan perasaan cemas, sehingga membuat Anda jadi lebih mudah stres dan depresi. Rasa cemas ini juga timbul karena terlalu overthinking pada pasangan, yang akhirnya membuat Anda jadi mudah gelisah.

Bisa membuat diri merasa tidak berharga

Salah satu bahaya terbesar dari perasaan insecure adalah perasaan yang membuat diri menjadi tidak berharga. Anda pun lebih mudah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Akhirnya, Anda kehilangan minat dan hobi, serta membuat Anda jadi suka menyendiri dan tidak suka bersosialisasi.

Jadi ekspektasi tinggi pada pasangan

Perasaan tidak aman dalam hubungan percintaan akan membuat Anda mudah memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pasangan. Akhirnya, jadi mudah mengeluh, dan jadi membandingkan pasangan dengan orang lain, serta merasa tidak puas dengan pasangan. Ini akan membuat hubungan jadi tidak sehat.