Gairah Seksual Terlampau Tinggi? Kenali Tandanya dan Ikuti Saran Pakar untuk Mengendalikan
Ilustrasi gairah seksual (Unsplash/Jonathan Borba)

Bagikan:

JAKARTA – Meskipun tidak ada ukuran normal dan tinggi jika dihitung berdasarkan seberapa sering seseorang ingin berhubungan seks, tetapi ketika merasa dikendalikan oleh dorongan ini maka perlu menyadari dan mengendalikan supaya tak mengganggu aktivitas.

Seperti menurut Sarah Berry, psikoseksual dan terapis hubungan, jika seseorang memiliki dorongan seks yang tinggi dan mendapatkan semua kepuasan seksual yang diidamkan bersama pasangan, mungkin bukan masalah. Tetapi apabila mengalami kondisi di bawah ini, artinya perlu mengatasinya secara bijak.

  • Tidak bisa mencapai kepuasan dari banyak aktivitas seksual atau masturbasi.
  • Tidak bisa mendapatkan jumlah atau jenis seks yang dinginkan.
  • Terganggu oleh fantasi seksual.
  • Waktu kerja, sosial, dan waktu istirahat terganggu karena aktivitas seksual.
  • Alat kelamin sakit karena seks atau masturbasi yang berlebihan.
  • Terbiasa memenuhi hasrat seksual yang berisiko dan tidak memuaskan.
  • Terlampau mengejar kepuasan seksual hingga menghalangi menjalin hubungan.

Dilansir Netdoctor, Senin, 20 September, hasrat seksual yang tak terkendali juga bisa menyulitkan orang-orang disekitar. Jika mengalaminya, mungkin akan berpikir baik-baik saja. Tetapi mungkin orang di sekitar akan takut karena hal tersebut tak dikendalikan.

Pada usia muda, peningkatan hasrat seksual mungkin disebabkan lonjakan hormon. Tetapi bagi usia yang lebih dewasa, banyak faktor yang memengaruhi dorongan seks. Misalnya, adanya gejala medis seperti obat yang dikonsumsi. Faktor lain adalah mengalami cedera otak, mania, ketidakseimbangan hormon, dan tiroid yang terlalu aktif.

Saran Sarah Berry, apabila Anda mengalami perubahan libido yang tidak dapat dijelaskan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Jika terlampau khawatir memiliki dorongan seks yang terlalu tinggi, ikuti saran Sarah berikut ini:

Menyadari atau berbicara pada terapis

Apapun yang menyebabkan, jika Anda tidak senang dengan kehidupan seks yang dialami bicaralah pada terapis yang membantu melepaskan beban, pikiran, perasaan, pengalaman, dan keinginan seputar seks, cinta, serta hubungan. Memegang kendali atas hasrat perlu dilakukan secara realistis.

Tahan keinginan

Menurut Sarah, mencoba untuk menahan keinginan merilis dorongan seksual penting dilakukan. Dorongan seksual tidak harus diikuti tindakan, ini perlu dipahami untuk menekan hasrat yang merugikan.

Fokus pada hal lain

Misalnya dengan membuat daftar tentang hebatnya pasangan Anda atau apa yang akan diperoleh dengan tidak bertindak memenuhi hasrat.

Menyalurkan energi

Beberapa orang merasa lega, lebih senang, dan kebanggaan besar dari menyalurkan energi seksual ke hal-hal lain. Misalnya melakukan sesuatu yang kreatif, olahraga, hal yang mendebarkan lainnya, atau ke hal-hal yang berkaitan dengan spiritualitas.

Berusaha menemukan seks yang memuaskan

Dorongan seks yang tinggi bisa sangat menyiksa bagi mereka yang berjuang untuk menemukan pasangan seksual. Sarah membantu klien yang mengalami hal tersebut dengan meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan keterampilan ketika berhubungan dengan orang lain, bersikap terbuka, dan mempelajari cara berhubungan seks dengan seseorang yang mungkin mereka sayangi.

Terakhir, dorongan seksual yang terlalu tinggi bisa disebabkan adanya masalah pada hubungan. Misalnya hasrat seksual bertepuk sebelah tangan dengan pasangan, maka Sarah menyarankan untuk membuat jadwal berduaan bagi pasangan tersebut.