Kiat Memilih Dokter Kandungan yang Nyaman Menemani Masa Kehamilan
Ilustrasi (Mart Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dokter kandungan atau dikenal dengan sebutan obgyn merupakan sahabat para ibu hamil. Sebab, ia lah yang akan menemani perjalanan ibu hamil dari awal sampai pasca melahirkan. Karena Anda akan sering bertemu dan berkonsultasi, maka penting juga memilih obgyn yang cocok dan bikin nyaman. Kalau Anda sedang bingung mencari dokter kandungan, yuk ikuti tips berikut ini! 

Mencari banyak referensi 

Anda bisa mencari referensi sebanyak-banyaknya tentang dokter kandungan di kotamu. Bisa minta rekomendasi dari teman atau keluarga juga agar bisa minta diceritakan pengalamannya bersama dokter tersebut. Anda juga bisa memilih dokter wanita atau pria sesuai keinginan, dan pastikan mengetahui sertifikasi sang dokter hingga pengalamannya menangani ibu hamil. 

Riwayat kesehatan

Kalau Anda punya masalah kesehatan, misalnya tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan jantung, alergi, dan sebagainya, bisa mencari referensi dokter yang memang punya pengalaman dengan penyakitmu. Hal ini penting mengingat bisa saja ada risiko kehamilan yang terjadi karena kondisi kesehatanmu dan dokter bisa melakukan penanganan khusus. 

Memilih dokter yang sepaham

Banyak dokter kandungan yang bagus dan berpengalaman, namun belum tentu bikin Anda nyaman dan sepaham. Memang di awal kehamilan, Anda bisa pergi ke beberapa dokter untuk merasakan langsung bagaimana pengalaman berkonsultasinya. Anda bisa melihat dari bagaimana dokter tersebut memberikan penjelasan, kesabaran, kepribadian, dan punya pemahaman yang sama. Setelah menemukan yang paling cocok, maka itulah yang bisa dipilih. 

Memilih dokter = memilih rumah sakit

Meski dapat buka praktik di tempat atau klinik pribadi, kebanyakan dokter kandungan melakukan praktik di rumah sakit. Maka, ini juga bisa jadi pertimbanganmu sebab rumah sakit inilah yang akan rutin Anda kunjungi dan tempatmu bersalin nantinya. Jadi selain urusan dokter kandungannya, Anda bisa memeriksa kondisi rumah sakit, berbagai fasilitas, biayanya, dan lokasinya.