Terinspirasi dari TikTok Sembuhkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Pertimbangkan Risikonya Ini
Ilustrasi pasta gigi mengobati jerawat (Unsplash/Shalii)

Bagikan:

JAKARTA – Pasta gigi telah lama dipercaya masyarakat awam untuk mengempiskan luka bakar yang melepuh. Tetapi, pertimbangkan lagi apabila terinspirasi memakai pasta gigi untuk mengobati jerawat.

Dilansir Healthline, Senin, 13 September, beberapa bahan yang terkandung dalam pasta gigi memang benar bisa mengecilkan si bengkak kecil jerawat. Tetapi risikonya terlampau besar alih-alih memanfaatkan produk pembersih gigi lebih baik mempertimbangkan cara lain yang lebih tepat untuk mengatasi jerawat.

Bahan berbahaya dalam pasta gigi, seperti triclosan, memang bekerja membunuh bakteri. Namun diformulasikan pada gigi yang artinya tidak dipakai untuk kulit. Bahan lain yang berbahaya antara lain hidrogen peroksida, alkohol, dan soda kue.

Meski secara awam bahan-bahan tersebut di atas dianggap mengecilkan jerawat meradang, menurut dr Tsippora Shainhouse –seorang dokter kulit bersertifikat- sensasi dingin pada pasta gigi kerap melenakan. Sensasi tersebut bisa menurunkan rasa nyeri pada kulit yang meradang.

Tetapi sejauh ini belum ada bukti dermatologis yang mengatakan bahwa pasta gigi betul-betul mampu menyembuhkan jerawat tanpa risiko.

Pasta gigi memiliki tingkat keasaman atau pH dasar. Tingkat keasaman tersebut bisa mengiritasi kulit sehat yang memiliki tingkat keasaman alami. Termasuk mencampurkan soda kue dalam racikan masker homemade, justru bisa memicu ruam dan rasa terbakar.

Sensasi serta risiko pasta gigi untuk mengobati jerawat memang tergantung pada kondisi kulit. Nah, karena itu daripada mengambil risiko terlampau besar lebih baik menghindari pasta gigi sebagai obat jerawat.

Shainhouse merekomendasikan tea tree oil sebagai pengganti pasta gigi. Minyak esensial tersebut, menurut penelitian yang diterbitkan Australian Journal of Dermatology, efektif mengobati jerawat ringan.

amankah pasta gigi untuk jerawat
mengobati jerawat dengan pasta gigi (Pexels/Yan Krukov)

Bahkan, saran Shainhouse, Anda bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam produk perawatan wajah Anda. Pada kulit normal, minyak pohon teh bisa langsung dioleskan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Paling terlihat risiko yang dapat dialami jika mengoleskan pasta gigi untuk jerawat, meskipun bisa lebih cepat mengempis dibanding tidak diberikan treatment sama sekali, tetapi kulit jadi sangat kering.