<i>Footage</i> Langka Tampilkan De La Rocha Bermain Gitar dalam Band Hardcore, Hard Stance
Zach de la Rocha (Instagram @thezachdelarocha)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah rekaman langka muncul secara online. Berisi penampilan pentolan Rage Against The Machine, Zach de la Rocha yang bermain gitar di band hardcore lamanya, Hard Stance.

Rekaman yang penuh energi, ingar-bingar serta pemandangan stage diving itu direkam pada Maret 1990 di klub malam Hollywood Live. 

"Rekaman berikut direstorasi dari (versi) kaset milik keluarga Haworth dan diberikan kepada hate5six.com untuk digitalisasi, pemulihan, dan pelestarian online," demikian bunyi pernyataan pada awal video.

"Identitas perekam aslinya sejauh ini tidak diketahui tetapi akan diperjelas dalam deskripsi jika diketahui." Lihat videonya di bawah.

Hard Stance awalnya dibentuk pada tahun 1987 dengan De la Rocha pada gitar dan Eric Ernst pada vokal. Ketika Ernst meninggalkan band, De la Rocha mengambil alih mic dan membentuk band Inside Out.

Pada tahun 1991, De la Rocha membentuk Rage Against The Machine bersama Tom Morello, Tim Commerford dan Brad Wilk. Rupanya, nama band ini berasal dari ide judul album yang awalnya direncanakan Inside Out, tetapi tidak pernah direkam.

Rage Against The Machine mengalami perpecahan pada tahun 2000, ketika De la Rocha mengklaim grup itu tidak lagi memenuhi aspirasi mereka berempat secara kolektif sebagai sebuah band.

"Dan dari sudut pandang saya, telah merusak cita-cita artistik dan politik kami," kaya sang frontman saat itu.

Namun, band ini bangkit dan bersatu lagi untuk serangkaian pertunjukan dari 2007-2011 sebelum bubar lagi.

Akhir tahun lalu, RATM - demikian nama band ini biasa disingkat - mengumumkan reuni mereka sekali lagi dengan serangkaian pertunjukan comeback di seluruh Amerika Serikat, termasuk penampilan utama di Coachella. Namun, tur mereka terpaksa ditunda hingga 2021 karena pandemi COVID-19.

Supergroup rock/rap Prophets of Rage, yang menampilkan anggota dari Rage Against The Machine dan Public Enemy, dibubarkan tidak lama setelah pengumuman reuni RATM. Band ini sempat singgah ke Indonesia pada September tahun lalu sebagai bagian dari Hodgepodge Festival 2019.