Jangan Malas, Begini 5 Tips Mengatasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan
Ilustrasi (Ekaterina Bolovtsova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa saja pasti pernah mengulur-ngulur waktu dalam melakukan suatu pekerjaan.  Masih malas, masih capek, masih ada waktu, dan segudang alasan lain. Intinya, rasa malas sendiri yang membuat Anda menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu cepat.

Butuh kemauan kuat dan aksi nyata untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini. Sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa memulainya dari cara-cara yang pada dasarnya mudah dan simpel, seperti berikut ini.

Langsung kerjakan satu hal

Tanpa bikin banyak alasan, langsung kerjakan satu hal terlebih dahulu. Dari sekian banyak tugas atau tenggat  yang harus dipenuhi, pilih satu hal untuk dikerjakan pertama kali. Paksakan diri untuk mengerjakan satu hal. Satu hal saja. Dengan cara ini kita nantinya bisa mendapatkan "irama" tersendiri dan lebih nyaman untuk melanjutkan pekerjaan yang berikutnya.

Hilangkan berbagai jenis pengganggu konsentrasi

Fokuskan diri dengan menghilangkan atau menjauhkan diri dari berbagai jenis pengganggu konsentrasi. Misalnya, jauhkan diri dari aneka camilan supaya bisa fokus bekerja. Bisa juga pindah ke tempat atau ruangan yang bisa membuatmu lebih nyaman bekerja. Terkadang seseorang suka menunda-nunda karena dihadapkan pada sejumlah hal yang mengganggu konsentrasi kita.

Buat tenggat dan target yang bisa dicapai

Pernah merasa malas mengerjakan suatu pekerjaan karena merasa pekerjaan itu terlalu banyak atau berat? Padahal kalau semakin malas mengerjakannya akan semakin berat untuk mulai mengerjakannya. Di sini Anda bisa memecah sebuah tugas besar jadi tugas yang lebih kecil. Buat tenggat dan target yang kecil-kecil untuk bisa mencapai target yang besar tersebut.

Beri Hadiah pada Diri Sendiri

Siapa lagi yang bisa menghilangkan rasa malas jika bukan kita diri kita sendiri? Salah satu cara agar lebih semangat bekerja adalah memberi hadiah pada diri sendiri. Sebagai contoh, bila hari ini bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dari tenggat, maka Anda akan membeli es krim kesukaan untuk dihabiskan sendiri. Tak perlu hadiah yang terlalu rumit atau mahal. Asalkan ada sesuatu yang bisa membuat senang maka Anda bisa menjadikannya sebagai bentuk hadiah.