Coba 7 Tips Semangat Kerja Setelah Libur Panjang Agar Tetap Produktif
Ilustrasi berangkat kerja (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah libur panjang, biasanya muncul rasa malas. Padahal ada banyak pekerjaan menumpuk telah menanti kita. Agar kemalasan tak menyerang, ketahui beberapa tips semangat kerja setelah libur panjang.

Tips Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Mengantisipasi rasa malas berarti berusaha meningkatkan produktivitas diri. Langkah tersebut harus dilakukan terlebih setelah libur panjang yang membuat Anda benar-benar tidak menyentuh pekerjaan. Agar tetap semangat, lakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Memotivasi Diri Sendiri

Kunci agar tetap semangat bekerja setelah libur panjang adalah bisa memotivasi diri sendiri. Motivasi ini memang terdengar remeh namun mampu memicu semangat bekerja dan beraktivitas serta mencegah perasaan malas. Bentuk motivasi diri sendiri pun beragam. Misalnya, Anda bisa memikirkan hal-hal baik tentang pekerjaan Anda, atau Anda juga bisa menonton film yang related dengan dunia kerja Anda untuk memicu rasa semangat.

  1. Menyusun List Pekerjaan yang Harus Dilakukan di Hari Pertama

Sebelum Anda mulai masuk kerja, disarankan untuk menyusun list pekerjaan yang harus dilakukan di hari pertama. Menyusun list akan membantu Anda membagi waktu secara efektif di hari pertama masuk kantor. Usahakan untuk mendahulukan pekerjaan-pekerjaan yang ringan terlebih dahulu sembari menghimpun semangat dalam diri.

  1. Lakukan Obrolan Ringan dengan Teman Kantor

Anda adalah orang yang beruntung jika memiliki sahabat karib di kantor. Pasalnya, keberadaan sahabat karib di kantor memiliki dampak positif untuk Anda. Mereka akan meminimalisir rasa stres yang disebabkan oleh kondisi kantor yang penuh tekanan. Selain itu, bertemu teman kantor juga akan memicu rasa semangat untuk bekerja. Sebelum Anda mulai berangkat kerja setelah libur panjang, lakukan pembiacaraan ringan dengan teman kantor. Pembicaraan bisa berupa menanyakan kabar, melempar lelucon receh, dan sebagainya. Anda tidak disarankan untuk membicarakan pekerjaan kantor yang memicu tekanan psikis.

  1. Dengarkan Musik

Musik terbukti ampuh membakar semangat dan meningkatkan suasana hati. Mendengarkan musik akan membantu Anda merasa semangat di hari pertama masuk kantor setelah libur panjang. Pilihlah lagu kesukaan Anda bisa bergenre rock, jazz, pop, metal, atau apapun. Tidak disarankan untuk mendengarkan musik yang bernuansa sedih. Anda bisa mendengarkan musik saat berangkat kantor atau jam pertama saat Anda mulai melakukan pekerjaan.

  1. Rapikan Meja Kantor

Merapikan meja kantor punya efek positif yang besar, salah satunya adalah meningkatkan suasana hati serta meningkatkan rasa semangat. Selain merapikan meja, Anda bisa membawa pot dan bunga yang dibeli saat libur dan menempatkannya di sudut meja kantor. Atau Anda bisa menambahkan asesoris lucu yang bisa dibawa ke kantor agar mood baik seperti boneka, stiker, kalender meja baru, dan sebagainya.

  1. Konsumsi Kopi

Minum kopi di pagi hari punya efek baik, salah satunya adalah membantu menambah fokus. Saat pikiran fokus, Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan mudah dan terarah. Anda bisa membeli kopi kesukaan Anda sebelum berangkat kantor atau membuat kopi di kantor sesuai dengan selera Anda.

  1. Beli Sarapan Kesukaan

Tidak bisa disangkal bahwa makanan membantu meningkatkan suasana hati. Membeli menu sarapan kesukaan akan membantu Anda semangat bekerja setelah libur panjang. Jika Anda tak biasa sarapan berat, cobalah untuk membeli menu-menu ringan seperti kue coklat, bubur, dan sebagainya.

Selain tips semangat kerja setelah libur panjang, update berita dengan mengunjungi VOI.ID.