Viral Perselingkuhan Pramugari Lion Air, Bagaimana Respons Psikolog?
Berselingkuh (Freepik)

Bagikan:

JAKARTA - Jagat media sosial sedang diramaikan dengan video viral perselingkuhan yang menyeret maskapai Lion Air. Seseorang bernama Anoure dan pramugari bernama Prillia disebut menjalin hubungan terlarang sebagai sesama pekerja maskapai.

Video yang beredar di beberapa akun gosip memperlihat penggrebekan perselingkuhan yang terjadi di sebuah rumah di Jakarta. Istri sah Anoure, Sinta Rizki merekam momen tersebut.

Alhasil warganet mulai mempertanyakan seberapa besar hubungan antara lawan jenis di dunia pekerjaan dapat menyebabkan perselingkuhan.

Psikolog Dr. Rose Mini Agoes Salim.,M.Psi, menjelaskan bahwa perselingkuhan bisa dimulai dari interaksi sederhana.

“Terkadang ada situasi membuat mereka saling tolong menolong. Yang satu merasa banyak ditolong oleh temannya dan di situ mulai menimbulkan rasa cinta.”

“Nah ini tergantung dari pribadi masing-masing. Kalau orang bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, maka tidak akan mengalami hal ini.” kata Dr. Rose Mini saat dihubungi VOI pada Sabtu, 24 Juli.

Menilik kasusnya, Dr. Rose Mini menjelaskan mungkin ada hal-hal yang tidak didapat dari sang istri namun dia dapatkan dari orang lain. “Harusnya tidak boleh terpancing ya sementara tidak dapat perhatian dari istrinya kemudian berpaling.”

Lantas lingkup pekerjaan tidak bisa menjadi pemicu seseorang melakukan perselingkuhan. “Menurut saya, tidak ada. Setiap perselingkuhan itu terjadi, karena tergantung dari orang masing-masing bukan dari pekerjaannya. Bahkan ada orang yang selingkuh hanya karena sering bertemu di kendaraan umum.”

Tidak ada cara menghindari perselingkuhan karena semua tergantung niat pribadi masing-masing. “Moral. Moral itu kemampuan manusia membedakan yang baik dan yang buruk. Moral itu ada banyak di agama, tapi orang beragama belum tentu bermoral. Ada juga orang yang bermoral tapi tidak beragama.”

“Keberanian seseorang untuk melanggar (-perselingkuhan) bukan semata-mata karena dia berpikir “Saya gak peduli orang bilang apa” tetapi kalau dikaitkan di agama kan hubungan kita dengan Tuhan.”

Menurutnya, orang yang berselingkuh itu lebih mudah tertarik terhadap sesuatu. Dalam lingkungan pekerjaan, ada kemungkinan seseorang yang ditolong menganggap orang yang menolong adalah sosok yang luar biasa.

“Dalam pekerja ya, seringkali setiap kali berhubungan antar pekerja, yang satu sering bantu sering menolong berdampak pada dia merasa orang ini luar biasa karena punya perhatian spesial padahal mungkin saja orang ini sama kepada siapa saja. Hal-hal ini membuat orang berani, pun itu bukan hal penting.”

Warganet juga menyorot fakta bahwa Anoure yang terungkap sering berselingkuh. Dr. Rose Mini menyebut tandanya orang ini mudah tertarik dengan orang lain.

“Kalau pramugara-pramugari itu sudah jelas ya selalu ramah jadi cara bicara, tutur kata, ibaratnya sudah disetel untuk tidak judes. Jatuh cinta orang kepada orang lain bisa tergantung dari kekaguman.”

Sementara itu, lewat Instagram Live, Sinta mengungkap Anoure dan Prillia sudah dipecat dari Lion Air. “Udah dicut alhamdulillah dapet balasan yang setimpal,” katanya.

Sinta sendiri tidak ingin membawa kasus ini ke jalur hukum karena merasa sudah cukup. "Nggak lapor ke polisi takut dia hidup makin susah yang penting udah dapat balasan yang setimpal," lanjutnya.