Dianggap <i>Cultural Appropriation</i>, Park Eun Seok Minta Maaf Soal Karakter Alex di <i>The Penthouse 3</i>
Park Eun Seok (Instagram @_____silverstone_____)

Bagikan:

JAKARTA - Drama Korea dari SBS, The Penthouse 3 mendapat sejumlah kritik terkait karakter baru yang tampil dalam episode pekan ini. Karakter Alex yang diperankan aktor Park Eun Seok dianggap sebagai cultural appropriation.

Warganet menyayangkan representasi visual dan aksen yang digunakan Alex dalam drama tersebut bersifat ofensif dan termasuk cultural appropriation.

Istilah cultural appropriation adalah sebuah konsep dimana seseorang mengambil identitas atau budaya milik orang lain. Biasanya hal ini dilakukan orang dengan budaya dominan yang menggunakan milik orang minoritas.

Lewat akun TikTok-nya pada Sabtu, 12 Juni, Park Eun Seok mengunggah video berisi permintaan maaf kepada penonton The Penthouse 3. Dia menjelaskan kalau karakter Alex dibuat bukan untuk menghina orang-orang Afrika-Amerika.

“Saya minta maaf kepada orang-orang yang tersinggung dengan karakter (Alex). Awalnya ini lebih terlihat sebagai rasa kagum daripada mengejek, tetapi sekarang saya sadar bahwa pendekatannya lebih mengarah kepada (cultural appropriation).”

Aktor 37 tahun ini berharap penonton bisa melihat karakter Alex hadir sebagai rasa kagum terhadap budaya bukan bermaksud ingin mengejek.

“Sebagai minoritas, seharusnya saya lebih memahami. Terima kasih memberikan saya kesempatan untuk menyadari.” Video tersebut sudah ditonton 200 ribu dengan total 50 ribu likes.

Di sisi lain, rating episode terbaru The Penthouse 3 menurun dua persen dari pekan sebelumnya yakni 17,5 persen. Meski begitu, drama ini menjadi drama Korea yang paling banyak ditonton pada hari Jumat.