Dinda Kirana Ungkap Operasi Kista Ovarium yang Baru Dilakukan
Dinda Kirana (Instagram @dindakirana.s)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Dinda Kirana baru saja menjalani operasi kista ovarium. Melalui akun Instagram-nya pada Jumat, 11 Juni, Dinda membagikan gejala sebelum menjalani operasi.

"Jadi, kemarin aku tuh operasi kista di bagian ovarium. Ovarium itu adalah sel telur dan ini masih dugaan kata dokternya kalau kista ini tuh jenis endometriosis dan memang penyakit ini terutama di perempuan," katanya.

Awalnya, dia memilih menghiraukan kista yang sudah dia ketahui namun dalam rentang waktu setahun, ukuran kistanya semakin membesar.

“Besarnya sampai kistanya ada dua, ovarium juga kan ada dua kantung. (Kistanya) ada yang ukuran 12 dan ada yang ukuran lima centimeter. Itu sudah termasuk besar sekali.”

Dinda juga menuturkan gejala awal yang dirasakannya. Setiap kali menstruasi, ia merasa sakit sampai tidak bisa berdiri dan berjalan. Bahkan hal itu sempat mengganggu proses syuting yang sedang dilakukan.

"Nah sebenarnya setahun lalu itu aku sempat konsul, aku rada aneh juga dengarnya karena menstruasi aku katanya mau disetop karena darah menstruasi itu bisa bikin kista makin besar. Jadi pas aku menstruasi juga setiap menstruasi cewek itu biasanya semingguan, aku cuma 3 hari, nggak teratur gitu loh," lanjutnya.

Setelah menjalani operasi pengangkatan kista ovarium, Dinda Kirana mulai menjaga pola makan dan gaya hidup. Dia juga menyebut beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

"Ya penting banget dari pola makan juga enggak boleh yang disuntik hormon-hormon gitu. Banyak banget sekarang ayam negeri yang gede-gede nggak bagus buat kita, kita yang punya kista, soy milk juga ternyata enggak bagus (buat kista). Aku suka banget buah nanas, dan nanas juga ternyata nggak bagus juga buat yang punya penyakit kista karena bisa kasih makan kistanya jadi lebih ganas mungkin," ungkapnya.