5 Tipe Postur Tubuh dan Kiat Memilih <i>Dress</i> yang Sesuai
Ilustrasi memilih dress yang sesuai tipe bentuk tubuh (Pexels/Liza Summer)

Bagikan:

JAKARTA – Memilih pakaian yang pas bukan hanya bikin nyaman, tetapi juga penampilan semakin memesona. Memilih apa yang dipakai seperti bagaimana yang dibutuhkan, tentu akan mempermudah memilah dan tentu meminimalisir kepercayaan diri drop.

Sesuai tipe postur tubuh, Anda dapat memilih dress yang tepat. Apa saja tipenya dan dress yang bagaimana yang pas dipakai? Berikut cek penjelasannya.

Postur tubuh apel

Tipe postur atau siluet tubuh setiap wanita berbeda-beda, bukan untuk menentukan mana yang paling sempurna tetapi bagaimana cara memahami setiap postur secara sempurna akan lebih penting. Dengan memahami, maka akan memakai pakaian yang lebih nyaman dan menawan.

Postur tubuh seperti apel, bagian bawah siluet bawah lebih kecil daripada bagian atas. Wanita dengan tipe tubuh ini biasanya memiliki bahu lebar dan garis dada hingga perut lebih penuh.

Rekomendasinya, kenakan gaun dengan potongan garis V pada bagian leher. Pakai potongan A-line untuk mempertegas kaki dan bermotif untuk menggeser fokus. Yang perlu dihindari, jangan kenakan legging maupun skinny jeans tanpa layering.

Jika memakai sabuk pinggang, kenakan sabuk di atas garis pinggang untuk membentuk keseimbangan postur.

tipe bentuk tubuh
Ilustrasi tipe bentuk tubuh (Freepik)

Postur tubuh jam pasir

Tipe postur kedua mirip dengan jam pasir, bagian atas dan pinggul lebarnya rata sedangkan pinggang membentuk lekukan yang tegas. Untuk memilih dress postur jam pasir, pilih gaun yang memperlihatkan lekukan dengan garis leher V.

Sedangkan yang perlu dihindari adalah memakai dress yang terlalu longgar sehingga membuat penampilan jadi ‘lurus’ atau mematikan tipe tubuh yang dimiliki.

Postur tubuh pir

Tipe tubuh berpostur buah pir bagian pantat dan paha secara visual lebih besar daripada tubuh bagian atas. Artinya, Anda bisa menentukan penampilan dengan menegaskan apa yang dimiliki.

Kuncinya dalam memilih dress adalah mencapai keseimbangan, misalnya kenakan gaun yang mempercantik tubuh bagian bawah. Dress dengan potongan rok A-line masih jadi andalan dan potongan V-neck, sweetheart maupun boat neck juga serasi jika dipadukan.

Postur tubuh persegi panjang

Mirip dengan postur tubuh jam pasir, tetapi ketika memilih gaun perlu menegaskan bagian pinggang. Selain itu, bagian leher paling tepat dengan potongan sweetheart dan layering dengan blazer atau coat. Yang perlu dihindari ialah gaun yang terlalu lebar karena terlihat enggak bagus dan boros.

Postur tubuh segitiga terbalik

Postur tubuh atletis terlihat pada bagu yang jauh lebih lebar ketimbang pinggul. Lengan dan bahu perlu ‘diisi’ dengan potongan pakaian terutama gaun yang pas. Gaun dengan potongan pensil akan sempurna dipakai postur tubuh ini.

Namun, hindari aksesoris terlalu banyak pada bagian bahu. Paling tepat, beri pola kerutan dan layer yang manis pada tubuh bagian bawah terutama pinggul.