Tayang di China, Penampilan BTS, Lady Gaga, dan Justin Bieber 'Dihapus' di <i>Friends: The Reunion</i>
Pemain Friends (Twitter @hbomax)

Bagikan:

JAKARTA - Acara spesial Friends: The Reunion yang tayang di HBO memiliki sejumlah hal menarik. Bukan hanya reuni pemain serial Friends yang dinantikan, tetapi juga beberapa tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Sederet tamu yang dikonfirmasi hadir adalah David Beckham, Justin Bieber, BTS, James Corden, Cindy Crawford, Cara Delevingne, Lady Gaga, Elliott Gould, Kit Harington, Larry Hankin, Mindy Kaling, Thomas Lennon, Christina Pickles, Tom Selleck, James Michael Tyler, Maggie Wheeler, Reese Witherspoon dan Malala Yousafzai.

Akan tetapi ada yang berbeda saat Friends: The Reunion ditayangkan di China. Beberapa tamu yang hadir tidak terlihat dalam acara tersebut, yakni BTS, Lady Gaga, dan Justin Bieber.

Penggemar ketiganya mendapati semua layanan streaming asal China (iQiyi, Youku, Tencent) memotong beberapa penampilan. Mereka percaya tindakan ini dilakukan karena ketiga musisi ini diduga pernah menghina China di masa lalu.

Sensor yang dilakukan ini menimbulkan kekecewaan para penggemar apalagi serial Friends juga populer di China. Serial ini menjadi salah satu alasan masyarakat bisa mempelajari Bahasa Inggris dan memperkenalkan mereka dengan budaya Amerika Serikat.

Durasi orisinalnya sekitar satu jam 44 menit, namun ketiga layanan streaming ini memotong adegan dalam durasi berbeda. iQiyi dengan enam menit, Tencent dengan lima menit, Youku dengan empat menit.

Alasan

BTS menjadi pusat kontroversi setelah tahun 2020 mereka membuat komentar mengenai Perang Korea. Saat itu, salah satu anggota, RM menyebut Korea Selatan berbagi sejarah yang menyakitkan dengan Amerika Serikat pada konflik 1950-53.

Pernyataan itu membuat masyarakat China marah mengingat Beijing membelakangi Korea Utara saat perang. Alhasil permintaan boikot mulai bermunculan.

Adegan yang dipotong dari Friends adalah ketika RM menceritakan seberapa besar pengaruh serial tersebut tentang hidup dan persahabatan.

Lady Gaga pun menjadi salah satu musisi yang dilarang melakukan tur di China setelah bertemu dengan Dalai Lama tahun 2016. Karena hal ini, adegan menyanyi Smelly Cat bersama Lisa Kudrow dalam Friends: The Reunion dihapus.

Penampilan Justin Bieber sebagai Spudnik untuk meniru karakter Ross juga hilang dari layanan streaming. Sebelum hal ini, Bieber sendiri sudah dilarang tur di China karena perilaku buruknya.

Boikot ini dilakukan setelah Bieber mengunggah foto di Yasukuni Shrine di Tokyo. Simbol itu merupakan tanda Jepang tidak memaafkan masa lalu dan mengabdi kepada Kaisar.

Selain itu, beberapa konten yang hilang adalah pembahasan dan hal yang berkaitan dengan LGBT dan berbau seksual. Terlepas dari itu, mereka terbiasa melakukan sensor terhadap hal-hal yang disebut tidak layak tampil di publik seperti budaya Hip-hop, tato, merk fesyen luar, dan lainnya.