6 Hal yang Dirasakan Saat Tubuh Kurang Asupan Air Putih
Ilustrasi (Nigel Msipa/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak kecil, Anda pasti sudah sering mendengar anjuran untuk minum air putih delapan gelas per hari. Tapi nyatanya, masih banyak yang belum mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa tubuh butuh minum sebanyak itu? Sebab tubuh manusia sendiri pada dasarnya terdiri dari 75 persen air. Makanya, dibutuhkan sekitar 2 liter air per hari untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Air dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak, memelihara fungsi ginjal, mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan membuat tubuh lebih sehat secara menyeluruh. Lalu apa yang terjadi saat orang sering kurang minum air putih? Berikut daftar bahayanya! 

Sakit kepala

Ketika Anda kurang minum air putih, hal yang bisa langsung terasa adalah sakit kepala. Rasa nyerinya bisa ringan sampai mengganggu aktivitas. Kurangnya asupan cairan seringkali menyebabkan penyusutan sementara pada otak dan menimbulkan rasa sakit. Nah, ketika asupannya terpenuhi, sakit kepala bisa dicegah. 

Merasa ngantuk sepanjang hari

Dari bangun tidur sampai sudah berkegiatan seharian lupa minum air putih? Wajar kalau Anda jadi merasa lelah dan ngantuk terus menerus. Padahal tubuh sedang fit dan cukup tidur, tapi gara-gara tidak minum air putih, Anda bisa merasakan ngantuk seharian dan jadi tidak bertenaga untuk beraktivitas. 

Bau mulut 

Saat kurang minum, area mulut jadi lebih kering dan bisa mengundang bakteri untuk masuk. Akibatnya, aroma napas jadi bau tidak sedap. Faktanya, minum cukup air bisa memecah saliva dan mengatasi bau mulut akibat bakteri. Pasti risih kan kalau ada yang komentarin Anda bau mulut? Yuk jangan malas minum! 

Susah buang air besar 

Selain kekurangan serat, tidak cukup minum air putih juga bisa bikin sembelit. Tanpa asupan air yang cukup dalam saluran pencernaan, usus besar akan menyerap air dari feses lalu akibatnya adalah feses sendiri jadi lebih padat dan susah keluar. 

Kulit kering

Sudah perawatan kulit mahal-mahal dan pakai skincare rutin kulit tetap kering dan tampak kusam? Coba diingat-ingat lagi seberapa sering Anda minum air putih. Kalau masih di bawah rata-rata, bisa jadi ini penyebabnya. Cobalah rutin minum air putih agar tubuhmu sampai ke area kulit pun terhidrasi dengan baik. 

Susah fokus

Salah satu dampak kurang minum air putih yang sering terjadi adalah kehilangan fokus. Anda jadi sering lupa dan mengacaukan kegiatanmu. Kurangnya konsentrasi juga bisa disebabkan oleh tidak tercukupinya asupan air dalam tubuh. Dehidrasi bisa menyebabkan susah fokus dan mudah lupa, bahkan pada hal-hal sederhana yang biasa dilakukan.