Langkah Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokan
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kebanyakan orang pasti pernah mengalami radang tenggorokan. Rasanya sangat tidak nyaman karena bikin susah menelan dan biasa jadi tanda-tanda sebelum pilek atau flu. Radang pada tenggorokan sendiri biasanya terjadi karena infeksi, namun bisa membaik dengan sekitar seminggu. 

Bila Anda mengalami radang tenggorokan, coba lakukan pengobatan alami berikut ini yuk agar cepat reda. 

Kumur air garam

Pertama-tama, Anda bisa berkumur dengan air garam saat tenggorokan mulai terasa nyeri. Cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu kumur-kumur selama beberapa menit. Campuran air dan garam ini ampuh untuk menenangkan kondisi peradangan, menghilangkan bakteri, dan bisa mengatasi iritasi. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali sehari ya! 

Minum perasan lemon dan madu

Selanjutnya Anda bisa bikin minuman hangat dari perasan satu buah lemon, tambah air hangat dan madu. Ramuan sederhana ini juga bisa meredakan infeksi pada mulut dan tenggorokan, meredakan bengkak di jaringan tenggorokan, serta membunuh bakteri. Anda bisa minum ramuan ini dua sampai tiga kali sehari. 

Minum cuka apel

Kalau radang tenggorokan rasanya sudah menyakitkan sampai Anda mengernyit tiap kali menelan, bisa coba minum cuka apel. Anda bisa menuangkan satu sendok makan cuka apel ke segelas air hangat, lalu minum dua kali sehari sampai rasa nyerinya berkurang. 

Minum lebih banyak air putih 

Jangan lupa untuk minum air putih lebih banyak. Sebab sebenarnya air putih adalah obat paling sederhana tapi manjur untuk mengatasi radang tenggorokan. Pokoknya jangan sampai kurang minum ya! Ketika Anda cukup minum, tubuh jadi lebih banyak cairan sehingga nutrisi yang terkandung di dalam air bisa membantu tubuh mengeluarkan bakteri lewat keringat atau urine.