4 Ancaman Penyakit yang Mengintai Saat Musim Hujan
Ilustrasi (Polina Tankilevitch-Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat musim penghujan, udara berubah menjadi lebih dingin dan lembap. Di musim ini, tubuh jadi rentan terserang penyakit. Sebab daya tahan tubuh jadi lemah sehingga virus dan bakteri jadi lebih mudah menyerang.

Menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat sangat penting dilakukan. Karenanya, perlu pencegahan agar tidak mengakibatkan tubuh gampang sakit, apalagi saat musim hujan.

Beberapa penyakit yang biasa muncul saat musim hujan dapar berisiko fatal dan perlu diwaspadai. Jika dibiarkan, akan menimbulkan komplikasi. Dilansir dari laman Halodoc, berikut ancaman-ancaman penyakit saat musim hujan.

Flu

Flu menjadi ancaman penyakit yang paling sering dialami orang ketika musim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza yang menyarang bagian pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu merupakan jenis penyakit menular.

Gejala yang dirasakan umumnya berupa demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, bersin-bersin, hingga nyeri otot.

Jika penyakit ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat makan akan menimbulkan komplikasi seperti radang paru-paru, infeksi telinga, sepsis, bahkan sinusitis.

Untuk itu, menjaga kebersihan tubuh, menerapkan pola hidup sehat, dan rajin mencuci tangan merupakan cara agar terhindar dari penyakit ini.

Diare

Ancaman penyakit saat musim hujan selanjutnya adalah diare. Diare cenderung disebabkan oleh bakteri, parasit, ataupun virus. Penyakit ini mengakibatkan penderita sering buang air besar.

Biasanya diare dapat berlangsung beberapa hari dengan gejala seperti kembung, mual, perut terasa kram atau sakit. Tapi jika sudah parah, diare akan berlangsung hingga berminggu-minggu.

Jika diare tak kunjung membaik lebih dari tiga hari dan diikuti suhu tubuh meningkat diatas 39 celcius, serta dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh sebaiknya segera kunjungi dokter terdekat.

Pencegahan diare bisa dilakukan dengan rajin mencuci tangan dan memerhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Tipes

Tipes merupakan ancaman penyakit saat musim hujan yang erat kaitannya dengan bakteri Salmonella Typhii.  Bakteri ini terdapat pada makanan atau air yang terkontaminasi.

Gejala ancaman penyakin saat musim hujan ini sering ditandai dengan mual, muntah, demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, dan hilang nafsu makan. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk menghindari gejala yang lebih serius.

Kebiasaan buruk seperti malas mencuci tangan, jajan sembarangan, minum air mentah, hingga menggunakan toilet kotor dapat memicu terkena penyakit tipes. Untuk itu, perlu adanya keinginan untuk mengubah hidup menjalani pola hidup bersih dan sehat.

Demam berdarah

Ancaman penyakit saat musim hujan yang kerap memakan korban jiwa adalah demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Gejala demam berdarah dapat diketahui setelah 4 hingga 7 hari sejak digigit. Beberapa gejala tersebut antara lain demam tinggi 40 derajat celcius, nyeri pada kepala, sendi, otot dan tulang, hilang nafsu makan, dan mual.

Hingga saat ini, belum ada obat pasti untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Tapi beberapa upaya penyembuhan biasa dilakukan dengan istirahat yang cukup, banyak minum air putih, mengonsumsi buah atau jus jambu agar trombosit tetap stabil, konsumsi antibiotik, dan obat penurun panas.

Agar terhindar dari ancaman penyakit saat musim hujan ini, Anda hanya perlu membasmi tempat perkembangbiakan nyamuk, menguras dan menutup wadah penampungan air, dan menanam tumbuhan pengusir nyamuk.