Gaya Busana Selvi Ananda di Mata Pengamat Mode: Perwujudan <i>Ngadi Saliro Ngadi Busono</i>
Istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai pendamping Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, penampilan Selvi Ananda selalu menarik dilihat. Meskipun terkesan sederhana, namun Selvi selalu terlihat anggun. Gaya Selvi Ananda saat mendampingi Gibran dilantik sebagai Wali Kota Solo, contohnya, langsung menjadi viral karena mencuri perhatian.

Lahir pada 9 Januari 1989, Selvi Ananda juga pernah tercatat sebagai peserta pemilihan Putra Putri Solo tahun 2007 dan 2009. Pada tahun 2007, ia belum berhasil mendapatkan kemenangan. Baru pada kali kedua ia mengikuti ajang ini di 2009, Selvi Ananda berhasil memenangkan kontes tersebut. Maka tak heran jika soal berpakaian, menantu Presiden Joko Widodo ini selalu tampil menawan. 

Sonny Muchlison Masich, Pengamat Mode dan Fashion mengatakan Selvi punya kepribadian sebagai seorang Putri Solo yang sudah melekat dalam diri. "Dasarnya sudah punya selera, tapi dalam tata cara berpakaian tahu cara ngadi saliro ngadi busono sebagai menantu Presiden," ujarnya saat dihubungi VOI, Selasa, 4 Mei. 

Pembelajaran mengenai selera, pembelajaran cara berbusaha yang sesuai dengan tata cara dan acara pasti sudah didapatkannya saat mengembang tugas Putri Solo. "Selvi tidak akan lebay, berlebihan.  Kata-kata 'you are what you wear' itu sudah melekat dalam dirinya," jelasnya. 

Soal menempatkan diri sebagai istri Walikota, Selvi dianggap sangat cakap. "Selvi ini kebetulan menemukan pasangan suami yang nggak berlebihan. Tapi sebagai pemimpin tahu dia akan jadi panutan. Jadi pandangan orang banyak, makanya tampilannya sederhana tapi tetap anggun," lanjutnya.

Sama seperti anggota keluarga Presiden Joko Widodo yang lain, Selvi Ananda juga punya gaya busana andalannya yaitu kasual yang sederhana ketika berpergian ke acara informal. Namun di acara formal, Selvi tidak pernah salah menempatkan diri.

"Selvi sudah tahu aturannya, jadi sepertinya dijalani aja. Dalam tata cara seleranya dia sudah mengukur, memiliki istilah do and dont. Memahami lingkungan, posisi, dan kondisi," katanya. 

Bahkan, menurut Sonny, istri Gibran Rakabuming Raka ini sudah mengukur penampilannya supaya bisa senada dengan Ibu Negara Iriana yang merupakan mertuanya. "Pola berpakaian Ibu Iriana itu warning buat dia. Selvi Ananda punya seleranya sendiri, tetapi dia sadar kalau seleranya terlalu unggul tidak baik untuk mertuanya. Ini perwujudan ngadi saliro ngadi busono yang sesungguhnya," pungkas Sonny.