Cara Istri Gibran Selvi Ananda Memacu Kader PKK Solo Tangani Persoalan Gangguan Penglihatan Warga
Istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda (DOK. Pemkot Surakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Istri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda punya perhatian serius agar penanganan kegawatdaruratan penglihatan bisa berjalan optimal. Selvi Ananda meminta kader PKK bergerak memastikan program ini terealisasi untuk masyarakat Solo.

Momen Selvi Ananda yang punya perhatian besar pada program itu disampaikan dalam kegiatan penyuluhan kesehatan indera "Sosialisasi Penanganan Kegawatdaruratan Mata" yang diselenggarakan Balai Kesehatan Indera Masyarakat Provinsi Jawa Tengah.

Selvi Ananda memberikan materi bertemakan "Peran PKK dalam Penanggulangan Gangguan Penglihatan di Kabupaten/Kota”. Isinya bagaimana Tim Penggerak PKK Kota Surakarta berkontribusi dalam penanggulangan penglihatan.

Upaya ini dilakukan bersama 6.338 Kader Kesehatan di 618 posyandu se-Kota Solo, 150 kader kesehatan dari 54 Kelurahan, dan Kota Surakarta sendiri sudah memiliki 1 rumah sakit khusus mata.

Tim penggerak PKK sambung istri Gibran bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Pertama, upaya preventif dengan cara berperan serta menanggulangi gangguan penglihatan.

Istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda

Kedua, kuratif dengan cara memberikan pembinaan kepada masyarakat untuk segera melakukan pengobatan apabila terjadi tanda-tanda masalah kesehatan mata.

Selanjutnya Selvi Ananda menekankan upaya promotif dengan cara memberikan edukasi dan sosialisasi tentang informasi kesehatan mata

Terakhir, upaya rehabilitatif dengan cara mendukung program pengobatan pemerintah yang bekerjasama dengan dinas terkait.