Bobby Nasution Bikin Medan Serempak Bersihkan Sampah, Tambal Jalan Berlubang
Pembersihan saluran air/parit di Medan Denai (DOK. Pemko Medan)

Bagikan:

MEDAN - Belum genap satu bulan menjabat Wali Kota Medan, Bobby Nasution secara bertahap merealisasikan janjinya. Program penanganan banjir, sampah hingga membereskan jalanan berlubang menjadi prioritas di awal masa jabatan Bobby Nasution bersama Aulia Rachman.

Program normalisasi parit digenjot. Buktinya secara serempak sejumlah kecamatan di Kota Medan bersih-bersih saluran air, Rabu, 17 Maret. Beres-beres sampah ini digelar petugas di Medan Deli, Medan Denai, Medan Maimun, Medan Marelan,  Kelurahan Sunggal termasuk Kelurahan Sei Putih Tengah.

Petugas gotong royong membersihkan sampah di parit/saluran air hingga di jalanan. Di Medan Denai, alat berat dikerahkan mengeruk sampah dari parit di Jalan Menteng raya/Perisai Bumi.

Normalisasi juga dilakukan di Jalan Ahmad Yani VII, Kesawan, Medan Barat. Petugas berbaju kuning membersihkan sampah dari parit dengan menyiapkan truk penampung sampah. Pekerjaan yang sama dilakukan di Gg Mesjid, Sei Sikambing CII, Medan Helvetia.  

Lalu bagaimana dengan jalan berlubang? Petugas Dinas PU Medan melakukan penambalan (patching) di Jalan Banjarmasin, Kecamatan Medan Kota pada Rabu, 17 Maret. Petugas juga mengaspal ulang jalan berlubang di Jalan Perjuangan, Kecamatan Medan Perjuangan.

Penambalan jalan berlubang di Jl Banjarmasin Kecamatan Medan Kota

Ingat Lagi Janji Bobby

Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wakil Wali Kota Aulia Rachman sebelum dilantik pernah berjanji membenahi urusan birokrasi hingga kebersihan kota. 

"Kalau untuk 100 hari kerja sebenarnya tidak terlalu ada. Kita akan fokus kerja ke depan saja, semisal soal kebersihan yang bukan hanya sampah tapi kebersihan drainase kota Medan," kata Bobby Nasution Kamis, 18 Februari.

Janji membenahi Medan sering digaungkan Bobby saat kontestasi Pilkada 2020. Ada program Medan Bercabang, akronim dari bersih, cantik, tak ada lubang.

Medan Bercabang menjadi salah satu program prioritas pembenahan Kota Medan. Bersih karena pengelolaan sampah terpadu, cantik karena banyaknya ruang terbuka hijau (RTH). Termasuk tak ada lubang karena pembangunan infrastruktur jalan sesuai dengan standar.

"Banyak sampah, kotor, jalan berlubang di mana-mana". Kalimat itu selalu saya dengar saat menjemput aspirasi warga ke berbagai kecamatan di Kota Medan. Keluhan dari warga tentang masalah-masalah tersebut, sudah sejalan dengan komitmen saya dan Bang Aulia Rachman dalam program membenahi Kota Medan. Melalui semangat kolaborasi, kita akan wujudkan Medan Bercabang (Bersih, Cantik, Tak Ada Lubang). Insyaallah berkah,” kata Bobby, Senin, 19 Oktober 2020.