Beberapa Kejadian Menarik di Oscar 2021
Piala Oscar (Instagram @theacademy)

Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan Academy Awards ke-93 berlangsung pada Minggu, 25 April waktu Amerika Serikat. Pada tahun ini, acara ditampilkan secara ‘normal’ seperti tahun-tahun sebelumnya.

Diadakan di tengah pandemi, pihak penyelenggara berusaha untuk menyajikan sebuah tontonan berbeda dari apa yang sudah dilakukan. Di samping itu, banyak juga kejadian yang menjadi sorotan publik.

Sosok di balik Nomadland

Linda May dan Swankie, dua orang di balik buku NOMADLAND hadir di Oscar bersama sutradara Chloe Zhao dan sinematografer Joshua James Richards.

Film Nomadland terinspirasi dari buku karya Jessica Bruder berjudul sama yang dirilis pada 2017. Bruder melakukan wawancara tentang perjalanan para nomaden termasuk May, Swankie, dan lainnya.

Kemenangan Facebook

Colette, film dokumenter di bawah produksi Oculus Studios dari Facebook dan Respawn mendapat penghargaan Oscar pertamanya. Ini juga merupakan kemenangan pertama dari industri gim.

Colette adalah film 25 menit yang berfokus kepada Colette Marin-Catherine yang melakukan perjalanan ke Jerman untuk pertama kali pada usia 74 tahun. Film Colette dibuat untuk video gim VR Medal of Honor: Above and Beyond.

Kekalahan Glenn Close

Aktris Glenn Close menjadi perbincangan setelah gagal untuk ke delapan kalinya. Ya, dia menjadi aktris nominasi Oscar yang belum pernah memenangi Oscar.

Glenn Close yang mendapat nominasi berkat film Hillbilly Elegy kalah dari Youn Yuh Jung untuk Minari dalam kategori Best Supporting Actress.

Segmen In Memoriam

Durasi acara Oscar yang jauh lebih lama dari sebelumnya membuat publik menyangka segmen In Memoriam akan hadir dengan durasi lebih lama. Sayangnya, banyak yang protes karena beberapa figur publik tidak masuk ke dalam segmen tersebut, antara lain Jessica Walter dan Naya Rivera.

Kejutan Pemenang

Sepanjang penghargaan berlangsung, film The Trial of the Chicago 7 tidak mendapatkan kemenangan apapun. Padahal, film arahan Aaron Sorkin ini mendapat banyak penghargaan lain.

Mank yang memenangkan Best Cinematography menjadi kejutan di tengah ekspektasi publik terhadap Nomadland.

Aktor Chadwick Boseman yang diproyeksi menang di kategori Best Actor ternyata tidak. Lalu ada Anthony Hopkins yang menang lewat The Father, 30 tahun setelah kemenangannya melalui Silence of the Lambs.

Absennya Hopkins dari acara penghargaan membuat publik menyebut acara ini berakhir dengan antiklimaks dan tidak sefantastis tahun kemarin.