Dua Bulan Berlalu, Hyunjoo eks APRIL Angkat Suara Soal Kasus <i>Bullying</i> Grupnya
Hyunjoo (Instagram @hyun.joo_lee)

Bagikan:

JAKARTA - Dua bulan sudah tuduhan bullying kepada grup K-pop APRIL bergulir. Kini, Hyunjoo, mantan anggota grup bersuara.

Tahun ini, seorang pengguna internet yang mengklaim sebagai adik Hyunjoo menulis alasan sang kakak keluar dari grup pada tahun 2016 yaitu karena dibully.

Dalam postingannya, adik Hyunjoo menyebut bahwa tidak benar jika kakaknya keluar dari grup untuk berakting. Kakaknya mengalami gangguan panik dan kesulitan bernapas. Sang adiknya mengklaim, agensi meminta dia menulis surat dengan tangannya agar terlihat seakan-akan Hyunjoo ingin keluar.

“Setelah (keluar dari grup), tidak ada permintaan maaf dari anggota grup, bahkan ketika mereka melihat ibu saya ke kantor agensi, mereka hanya tertawa.”

Teman sekelas Hyunjoo saat sekolah juga menulis postingan serupa dan menceritakan bullyingnya. Melalui postingan terpisah, orang ini menulis bahwa semua anggota APRIL adalah pelaku bullying kecuali Chaekyung dan Rachel sebagai anggota terbaru.

Teman Hyunjoo mengatakan, Somin adalah anggota APRIL pertama yang mem-bullying Hyunjoo. Diketahui, Somin keluar dari APRIL dan bergabung dengan grup KARD - grup naungan DSP Media. Temannya bercerita, anggota APRIL kerap mengerjai dan sarkastik kepada Hyunjoo. Manajer APRIL yang mengetahui kejadian itu tetap diam karena sedang berkencan dengan Chaewon.

Agensi merespons dengan menulis bahwa Hyunjoo berkata ingin menjadi aktris dan ingin keluar setelah promosi Tinkerbell. Agensi DSP Media yang menaungi APRIL dan Hyunjoo membantah seluruh tuduhan dan akan mengambil tindakan hukum untuk adik Hyunjoo dan siapa pun yang menulis tuduhan.

Surat Hyunjoo

Setelah diam beberapa lama, Hyunjoo menuliskan pernyataannya sendiri melalui Instagram. Dia mengaku sampai saat ini masih merasa ketakutan untuk angkat suara secara individu.

“Orang tua pelaku terus mengirim pesan bernada menyalahkan kepada saya dan orang tua saya. Benar bahwa saya ragu-ragu untuk waktu yang lama karena saya takut bagaimana mereka membuat saya menderita jika saya merilis pernyataan sendiri.”

Hyunjoo menjelaskan, bullying dimulai sejak tahun 2014 ketika dia mempersiapkan debut bersama APRIL. Dia masih berusia 17 tahun dan berada di satu ruangan yang sama dengan pelaku bullying selama 24 jam.

“Tidak bisa menahannya, saya memberitahu orang tua saya dan orang tua saya mencoba berbicara kepada CEO (Agensi APRIL). Namun, saya terus berada dalam situasi, saya yang disalahkan.”

Alhasil, selama itu, Hyunjoo terus dibully dan hanya boleh menelepon orang tua ketika ada manajer di depannya. Akibat pernyataan satu sisi dari agensi, Hyunjoo kerap dilabeli sebagai pengkhianat karena keluar dari grup untuk berakting.

“Saya juga memahami bahwa banyak orang yang mengalami kejadian yang sama dengan saya. Sepertinya bullying dan dikucilkan yang kita alami saat muda terus bersama kita sebagai trauma.”

Mengakhiri suratnya, Hyunjoo mengatakan dia akan mencoba hidup dengan bahagia dan memberi semangat kepada mereka yang memberi semangat kepadanya. Sekarang, agensinya menghentikan seluruh aktivitas Hyunjoo dan tidak mengakhiri kontrak eksklusifnya.

Respons Agensi dan APRIL

Dua anggota APRIL, Chaewon dan Yena menulis surat terpisah setelah Hyunjoo merilis pernyataan mereka. Yena mengatakan ada seorang anggota yang terus menganggap dirinya sebagai korban dan membuat anggota APRIL sebagai pelaku.

“Sekali lagi, saya ingin memberitahu tidak ada bullying, pengucilan, tindakan kekerasan, dan kebenaran satu-satunya adalah semua orang menderita pada saat itu.”

Chaewon juga menyatakan hal serupa. Sebagai anggota tertua APRIL, Chaewon mengatakan ada bukti yang menyatakan Chaewon dan Hyunjoo dekat sejak debut. Agensi juga menyatakan anggota APRIL mengalami kesulitan saat debut seperti Hyunjoo. Mereka ingin menunjukan bukti tetapi mereka ingin mengikuti proses investigasi secara legal.

“Seluruh kebenaran dan ketidakadilan yang dialami anggota grup akan ditunjukkan melalui prosedur legal. Sekali lagi kami meminta maaf karena menyebabkan kekhawatiran bagi banyak orang.”

Hyunjoo keluar dari APRIL pada Oktober 2016 dan bergabung dengan grup Uni.T setelah memenangkan acara kompetisi The Unit. Kemudian, Uni.T mengakhiri aktivitas pada tahun 2018.

Kini Hyunjoo sudah membintangi berbagai webdrama dan beberapa drama seperti Creator Campus, Goedam, Touch Me if You Can, serta Summer Guys.

Sementara anggota APRIL, salah satunya Naeun keluar dari perannya dalam drama Korea Taxi Driver. Anggota grup lainnya juga belum memiliki aktivitas baik secara grup maupun solo.