Pentingnya Meluangkan Waktu untuk <i>Me Time</i> demi Pikiran yang Waras
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda tentu sudah sering istilah me time, kan? Me time dapat diartikan sebagai waktu khusus untuk diri sendiri terlepas dari segala kesibukan yang Anda jalani sehari-hari. Meski terdengar sepele, tapi me time sangatlah penting dilakukan untuk menjaga kewarasan sebagai manusia.

Jenis me time bisa sangat beragam sesuai kebutuhan, tetapi memang sebaiknya dijadikan rutinitas. Bisa dilakukan setiap hari juga. Namun, jenis kegiatannya bisa dibedakan dari ketersediaan waktu. Misalnya, untuk hari-hari kerja, Anda bisa ambil waktu 1-2 jam setiap malam untuk baca buku, nonton, meditasi, tidur seharian, atau sekadar leyeh-leyeh santai.

Saat akhir pekan, Anda bisa ambil waktu satu hari penuh untuk bersenang-senang, seperti pergi jalan-jalan, kumpul keluarga, bertemu teman, dan melakukan hobi. Bisa juga menjadwalkan sebulan sekali untuk bepergian yang lebih jauh untuk liburan singkat. Pokoknya, lakukan hal-hal yang bersifat kesenangan dan waktunya disesuaikan dengan jadwal kegiatan Anda. Lantas, seberapa pentingnya me time itu sendiri?

Jeda dari segala kesibukan

Setiap hari Anda punya kesibukan yang padat, dari soal pekerjaan, urusan rumah, membantu orang tua,  ada kegiatan tambahan seperti kursus, kuliah sambil kerja, dan hal lain-lain yang menguras tenaga. Biar tidak berujung stres, Anda pun butuh me time sebagai jeda dari segala macam aktivitas.

Dengan adanya jeda, Anda bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari hal-hal yang sering bikin pusing kepala. Ibarat gadget, me time ini seperti menambah daya agar Anda lebih berenergi untuk melanjutkan semua aktivitas.

Membahagiakan diri sendiri

Saking sibuknya, Anda mungkin sering lupa pada diri sendiri. Setelah kerja keras dan berambisi mencapai sesuatu, Anda harus ingat untuk membahagiakan diri sendiri. Tidak harus sesuatu yang mewah. Kadang, sekadar santai sambil minum kopi, pergi ke bioskop untuk nonton film terbaru atau makan es krim pun sudah cukup bikin suasana hati jadi lebih baik.

Menjaga keseimbangan

Menjaga keseimbangan itu sangat penting. Anda tentu boleh punya banyak kesibukan yang melelahkan, tapi jangan sampai lupa bahwa tubuh dan pikiran pun butuh istirahat. Kesibukan sehari-hari ditambah masalah-masalah yang sering mendadak muncul bisa membuat Anda stres bahkan sakit. Ketika pikiran Anda terasa penuh, Anda jadi tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu. Maka dari itu, me time terbilang penting untuk menjaga keharmonisan diri sendiri.