JAKARTA - Balenciaga, merek mode mewah yang dikenal dengan desainnya yang unik dan kontroversial, kini sedang menjadi sorotan dengan produk terbarunya. Balenciaga baru saja meluncurkan dasi bergaya pemakaman warna hitam seharga 250 Euro atau Rp4,2 juta.
Dasi ini hanya tersedia dalam warna hitam. Dilansir VOI dari laman Whats The Jam pada Jumat, 1 Oktober 2024, dasi ini dijuluki sebagai dasi pemakaman. Sebab, dasi ini biasanya dikenakan oleh para pelayat saat memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang sudah meninggal dunia.
Dasi Balenciaga terbuat dari bahan lyocell, sebuah bahan tekstil yang diproduksi secara berkelanjutan di Italia. Serat lyocell adalah serat selulosa buatan tanpa menggunakan senyawa kimia.
Dalam deskripsinya, Balenciaga menjelaskan bahwa produk ini adalah "Dasi dalam poplin selulosa hitam yang lembut." Merek ini juga menegaskan komitmennya terhadap pengelolaan yang berkelanjutan dan etis, dengan tujuan mengurangi dampak lingkungan.
Dasi Balenciaga (Dok. Balenciaga)
Balenciaga mengklaim menghormati standar tinggi untuk tanggung jawab sosial dan ekologi di semua tingkatan serta lokasi operasional. Selain itu, Balenciaga juga mengonfirmasi bahwa mereka tidak menggunakan bulu dan kulit hewan eksotis dalam produknya.
SEE ALSO:
Harga dasi Balenciaga memang terbilang fantastis. Namun, supermarket Inggris, Asda menawarkan dasi serupa dengan harga lebih terjangkau, yakni 5 Euro atau sekitar Rp95 ribu. Tetapi, dasi versi Asda terbuat dari 100 persen polyester yang dapat dicuci mesin.
Namun, di balik keseriusan dan komitmen terhadap keberlanjutan, banyak yang mempertanyakan harga dasi Balenciaga, terutama ketika mereka menemukan alternatif yang lebih ekonomis dan praktis.
Balenciaga memang dikenal dengan desain-desainnya yang nyentrik dan sering kali memicu perdebatan. Sebelumnya, Balenciaga juga menuai kontroversi dengan penjualan rok yang terlihat seperti handuk seharga 695 Euro atau Rp11 juta rupiah.
Balenciaga banyak diminati oleh selebriti ternama, seperti Kim Kardashian dan Jack Grealish. Meski begitu, Balenciaga juga sempat mendapat kritikan pada tahun 2022 karena menggunakan anak-anak dan boneka beruang bertema bondage dalam kampanye iklan mereka.