Bagikan:

YOGYAKARTA - Sistem pencernaan manusia adalah serangkaian organ yang berperan penting dalam mengolah dan menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Sangat penting untuk mengenai urutan saluran pencernaan manusia. 

Setiap bagian di dalam saluran pencernaan memiliki fungsi spesifik yang saling berhubungan untuk mendukung proses pencernaan, mulai dari pemecahan makanan, penyerapan zat gizi, dan pengeluaran sisa makanan. 

Organ-organ dalam saluran pencernaan bertugas untuk memastikan tubuh mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan. Mari kenali seperti apa urutan saluran pencernaan manusia dan fungsi dari masing-masing organnya. 

Urutan Saluran Pencernaan Manusia

Berikut ini urutan sistem pencernaan manusia mulai dari bagian mulut untuk memecah makanan hingga anus untuk pembuangan sisa makanan:

  1. Mulut

Proses pencernaan dimulai di mulut. Ketika makanan masuk ke mulut, gigi dan lidah memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil. Air liur, yang diproduksi oleh kelenjar ludah, mengandung enzim amilase yang membantu memulai proses pemecahan karbohidrat. 

Di mulut, makanan diolah menjadi bolus, yaitu massa makanan yang lembut dan siap ditelan. Mulut menjadi bagian pertama yang berperan dalam pemecahan mekanis dan kimiawi makanan.

  1. Kerongkongan (Esofagus)

Setelah makanan dikunyah dan dibentuk menjadi bolus, bolus tersebut masuk ke kerongkongan atau esofagus. Saluran ini bertindak sebagai jalan penghubung antara mulut dan lambung. 

Dengan bantuan gerakan peristaltik, yaitu gerakan otot yang berirama, bolus didorong ke bawah menuju lambung. Peristaltik ini juga memastikan bahwa makanan tidak tertahan lama di kerongkongan.

  1. Lambung

Di lambung, bolus mengalami proses pencernaan lebih lanjut melalui aktivitas enzim dan asam lambung. Dinding lambung menghasilkan enzim pepsin dan asam klorida (HCl) yang berfungsi untuk memecah protein dalam makanan. 

Pencampuran makanan dengan enzim dan asam ini menjadikan bolus lebih cair dan siap memasuki proses pencernaan berikutnya. Di sini, makanan diolah menjadi chyme, yakni cairan yang kaya akan enzim dan zat gizi yang siap masuk ke usus.

  1. Usus Halus

Usus halus adalah tempat utama di mana penyerapan nutrisi terjadi. Terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum, jejunum, dan ileum, usus halus memiliki peran spesifik dalam setiap bagiannya:

  • Duodenum: Bagian pertama usus halus, dimana cairan pencernaan dari pankreas dan empedu dicampurkan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat.
  • Jejunum: Di sini, nutrisi seperti glukosa, asam amino, dan asam lemak diserap oleh vili, tonjolan kecil yang memperbesar area permukaan usus dan memungkinkan penyerapan optimal.
  • Ileum: Merupakan bagian terakhir dari usus halus, yang bertugas menyerap vitamin B12 dan asam empedu, serta menyerap nutrisi yang tersisa.
  1. Usus Besar

Setelah melewati usus halus, sisa makanan yang tidak tercerna atau diserap masuk ke usus besar. Di sini, cairan yang tersisa diserap kembali ke tubuh, membentuk massa tinja. Usus besar juga terdiri dari beberapa bagian, seperti sekum, kolon (yang terbagi menjadi kolon asendens, kolon transversum, kolon desendens, dan kolon sigmoid), serta rektum. 

Di kolon inilah air diserap, dan bakteri usus membantu memecah sisa makanan. Sisa makanan yang sudah tidak berguna ini akan membentuk tinja, yang selanjutnya akan dikeluarkan melalui anus.

  1. Rektum dan Anus

Bagian terakhir dari saluran pencernaan adalah rektum dan anus. Rektum bertugas menyimpan tinja sampai waktu pembuangan, sementara anus merupakan jalan keluar akhir dari tubuh. Saat sinyal diterima bahwa sudah waktunya untuk buang air besar, otot-otot anus mengendur untuk membiarkan tinja keluar dari tubuh.

Demikianlah urutan saluran pencernaan manusia yang sangat penting untuk diketahui sebagai wawasan mengenai anatomi tubuh. Setiap bagian dalam saluran pencernaan memiliki peran vital untuk memastikan tubuh menerima nutrisi yang dibutuhkan. Baca juga cara menjaga kesehatan usus untuk pencernaan yang baik. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.