Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah Anda sudah pernah menggunakan Google Flights untuk mencari tiket pesawat? Platform pencarian ini dapat membantu wisatawan untuk mencari tiket pesawat di seluruh maskapai, bandara, dan tanggal tujuan. Setelah memahami fitur-fiturnya, langkah berikutnya yaitu mencari penerbangan yang diinginkan. Simak cara mencari tiket pesawat melalui Google Flights di bawah ini.

Cara Mencari Tiket Pesawat Melalui Google Flights

Google Flights yang didukung oleh ITA Matrix, memiliki antarmuka yang mudah dinavigasi penggunanya. Anda dapat memulai proses pencarian penerbangan dengan memasukkan kota keberangkatan, tujuan, dan tanggal perjalanan. Setelah itu akan muncul daftar penerbangan yang sesuai.

Hasil awal biasanya diurutkan berdasarkan kombinasi beberapa faktor, misalnya harga, durasi, dan jumlah pemberhentian. Kombinasi ini berfungsi untuk menampilkan pilihan terbaik terlebih dahulu. Namun, wisatawan juga bisa mengurutkan berdasarkan masing-masing faktor tersebut.

Jika mempunyai preferensi tertentu, misalnya maskapai penerbangan, dapat memanfaatkan filter untuk mempersempit daftar penerbangan yang tersedia. Ketika hendak memesan, Google Flights akan mengarahkan ke berbagai situs.

Sophia Lin, direktur manajemen produk di Google, mengungkapkan, pengguna tidak akan benar-benar memesan langsung melalui Google Flights, sebab  Google Flights adalah mesin pencari penerbangan, bukan agen penyedia perjalanan daring.

Ilustrasi (Foto: dok pexels)

Tentukan bandara dan rute alternatif

Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya penerbangan yaitu bersikap fleksibel dengan bandara keberangkatan dan/atau kedatangan. Google Flights memungkinkan untuk menyertakan beberapa bandara dalam satu pencarian. Namun, Anda bisa juga memasukkan lebih banyak bandara secara manual dalam pencarian agar pilihannya semakin luas.

"Cukup masukkan bandara pertama Anda di kotak pencarian, lalu tekan simbol plus untuk menambahkan bandara tambahan sesuai keinginan. Dengan begitu, Anda dapat mencampur dan mencocokkan bandara untuk mendapatkan penawaran terbaik," kata Lin.

Lin menambahkan, pengguna juga dapat menyesuaikan pencarian lebih lanjut dengan memilih "multi-city" alih-alih "round-trip". Sehingga pengguna dapat menentukan bandara tujuan untuk setiap bagian perjalanan.

Melacak harga tiket pesawat

Wisatawan dapat memantau harga tiket pesawat melalui Google Flights. Dengan mengaktifkan pelacakan harga untuk tujuan dan tanggal perjalanan tertentu, jika harga tiket pesawat turun drastis, wisatawan akan menerima pemberitahuan email. Termasuk untuk penerbangan tertentu, melacak harga untuk rute tanpa menentukan tanggal, yang memungkinkan memanfaatkan penawaran terbaik sepanjang tahun.

“Anda dapat melihat dan mengelola harga penerbangan yang dilacak dengan mengetuk menu di kiri atas halaman dan memilih 'Tracked Flights Price,” kata Lin.

Tips untuk menghemat biaya

Bagi Anda yang hendak menghemat biaya penerbangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoperasikan Google Flights. Mulai dari memilih waktu perjalanan di musim sepi, misalnya pertengahan minggu. Jangan lupa, Google Flights menampilkan tarif ekonomi dasar. Karena kelas tarifnya sangat terbatas, Anda harus bersiap jika harganya menjadi sedikit lebih tinggi untuk pemesanan tarif ekonomi standar.

Jangan lupa juga periksa harga bagasi, sebab beberapa maskapai penerbangan, khususnya maskapai berbiaya rendah, mungkin menawarkan penerbangan yang lebih murah tetapi menetapkan biaya tinggi untuk bagasi terdaftar atau bahkan bagasi kabin.

Adapun bagi Anda yang peduli lingkungan, Google Flights juga menunjukkan perkiraan jejak karbon untuk hampir setiap penerbangan dalam hasil pencarian, tepat di samping harga dan durasi penerbangan. Termasuk apakah emisi tersebut lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata untuk rute tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai cara mencari tiket pesawat melalui Google Flights. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.