Bagikan:

JAKARTA - Berwisata dengan kapal pesiar telah menjadi pilihan favorit bagi banyak keluarga untuk menikmati liburan bersama. Kapal pesiar juga disimbolkan dengan kemewahan. Tetapi, sebuah laporan menemukan tak semua kapal pesiar memenuhi standar kebersihan yang baik.

Dilansir VOI dari laman New York Post pada Selasa, 22 Oktober 2024, laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat melakukan penilaian kebersihan kapal pesiar sebagai bagian dari Program Sanitasi Kapal. Hal ini untuk mencegah penyakit gastrointestinal.

Setiap kapal mendapatkan skor berdasarkan skala 100. Sejumlah kapal pesiar mendapatkan skor di bawah 85, yang dianggap tak memuaskan dalam hal kebersihan.

Kapal pesiar paling kotor adalah Hanseatic Inspiration milik Hapag-Lloyd, yang hanya mendapatkan skor terendah yakni 62. Laporan CDC mencantumkan beberapa pelanggaran terhadap kode kesehatan.

Diantaranya, keran bir yang dipenuhi kotoran, serangga hidup dan mati di area bar kolam renang, serta burung yang membusuk dipenuhi belatung dekat area panggangan luar.

Selain itu, beberapa bahan makanan yang memerlukan pendinginan tidak disimpan pada suhu yang memadai. Hal itu dapat menyebabkan risiko kesehatan bagi para penumpang.

Meskipun terjadi pelanggaran, juru bicara Hapag-Lloyd Cruises mengatakan kepada USA Today bahwa perusahaan pelayaran tersebut telah secara konsisten memenuhi persyaratan kebersihan yang ketat selama bertahun-tahun.

"Kami sangat menyesal Hanseatic Inspiration tidak mencapai skor yang disyaratkan untuk pertama kalinya. Hasil inspeksi ini sama sekali tidak mencerminkan standar tinggi kami," kata Karen Schmidt, manajer komunikasi senior perusahaan pelayaran tersebut, kepada USA Today.

"Kami akan menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan proses kami di semua area dan memastikan semua kapal kami memberikan pengalaman berkualitas yang diharapkan tamu," lanjutnya.

Kapal-kapal pesiar lainnya dilaporkan mengalami masalah kebersihan, seperti Princess Cruises'Caribbean Princess, Carnival's Breeze, dan Ritz-Carlton Yacht Collection Evrima yang semuanya mendapat skor 86.

Menurut Daily Mail, lalat dan serangga ditemukan di dapur di atas Caribbean Princess. Sementara, kapal pesiar Carnival's Breeze tidak cukup mencegah hama yang bersembunyi di kapal.

Tak hanya itu, Carnival's Breeze ditemukan baki makanan yang ditinggalkan di luar ruangan saat hujan. Selain itu, kamar mandi kru Carnival Breeze dipenuhi sampah.

Di atas Envirma, lalat berkerumun di mesin pembuat jus, tidak ada pelindung terhadap tikus, dan filter di pusaran air tidak diganti selama dua tahun.

Namun, ada beberapa kapal pesiar yang menerima skor sempurna 100, seperti Carnival Cruise Line’s Carnival Spirit, Celebrity Cruises’ Celebrity Ascent, Disney Cruise Line’s Disney Fantasy and Royal Caribbean International’s Brilliance of the Seas dan masih banyak lagi.