Fakta Menarik Kapal Pesiar Pangeos Milik Arab Saudi: Ada Fasilitas Pantai hingga Ramah Lingkungan
Kapal Pesiar Pangeos (Foto: lazzarinidesignstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Predikat kapal pesiar termewah sekaligus terbesar nampaknya akan diambil alih oleh Kapal Pesiar Pangeos. Kapal yang dibuat oleh Arab Saudi ini memiliki bentuk yang unik karena menyerupai kura-kura.

Fakta Kapal Pesiar Pangeos

Kapal Pesiar Pangeos ini menuai sorotan masyarakat dunia karena fasilitas dan teknologi yang dihadirkan pada kapal. Dilansir dari The Sun, jika proyek ini berhasil akan menjadi bangunan apung terbesar yang pernah dibangun. Lalu, apa saja hal menarik dari kapal ini?

  1. Ukuran Kapal Sangat Lapang

Terayacht Pangeos memiliki panjang 550 meter dan lebarnya mencapai 610 meter. Dengan ukuran tersebut, sejumlah faslitas mewah akan tersedia dan bisa dinikmati oleh penumpang.

  1. Jadi Kota Terapung

Pemilihan nama Pangeos cukup menarik. Nama tersebut berasal dari kata “Pangea” yang berarti benua. Ukurannya yang fantastis dengan namanya, Kapal Pangeos disebut sebagai kota terapung buatan Arab Saudi. Kapal ini juga akan menjadi kapal terbesar di planet bumi.

  1. Estimasi Pembangunan 8 Tahun

Estimasi biaya yang dihabiskan untuk membangun kapal ini kurang lebih 8 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp125 triliun. Tidak hanya menghabiskan dana yang besar, estimasi pembangunan Kapal Pesiar Pangeos diperkirakan membutuhkan waktu sekitar delapan tahun.

Konsep yang digunakan diklaim belum pernah digunakan sebelumnya karena berani mendobrak norma dan batasan yang biasa digunakan pada kapal pesiar pada umumnya.

  1. Dikonsep Desainer Italia

Bentuk kapal pesiar ini adalah inheren yang menyerupai bentuk kura-kura laut. Kapal pesiar ini dikonsep oleh Lazzarini Design Studio, perusahaan yang berasal dari Italia. Perusahaan tersebut dikenal sebagai spesialisasi visual artistik.

  1. Fasilitas Kapal

Besarnya ukuran memungkinkan kapal menyediakan fasilitas yang tak biasa. Pihak pengembang akan menyediakan hotel, mall, taman kecil, pelabuhan, landasan pesawat kecil, bahkan pantai. Fasilitas tersebut diperuntukkan bagi seluruh penumpang yang bisa naik dari mana saja.

Kapal ini juga akan didesain blok-blok seperti konsep kota di daratan. Bahkan kapal memiliki alun-alun utama, sedangkan di bagian “cangkang” kapal akan dibuat taman dan lapangan pendaratan pesawat kecil.

  1. Bertenaga Listrik

Yang menarik dari kapal ini adalah mesin yang akan menjadi tenaga penggerak. Terayacht Pangeos akan memiliki sembilan mesin dan seluruhnya bertenaga listrik. Mesin ini membantu kapal melaju dengan kecepatan konstan 5 knot.

Selain itu kapal juga akan menghasilkan energi terbarukan tenaga ombak yang mengenai sayap kapal. Atap Terayacht Pangeos juga dilapisi panel surya yang bisa menjadi sumber listrik tambahan.

  1. Menyediakan Wisata Virtual

Masyarakat juga akan berkesempatan untuk melakukan wisata virtual di Terayacht Pangeos dengan token digital NFT. Ruang virtual bisa dibeli menjadi koleksi NFT dan bisa mengakses secara virtual.

  1. Akan Berkeliling Dunia

Setelah pembangunan selesai, Pangeos akan mulai meluncur ke lautan dari galangan kapal di Arab Saudi. Setelah itu Terayacht Pangeos tidak akan berhenti karena akan terus berlayar mengelilingi dunia.

Itulah informasi terkait Kapal Pesiar Pangeos. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.