Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar acara serah terima jabatan (sertijab) dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju ke Menteri Pariwisata serta Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Kabinet Merah Putih (periode 2024-2029).

Serah terima jabatan dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2020-2024 Sandiaga Salahuddin Uno kepada Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana dan Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya dalam acara yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (21/10/2024) siang.

Widiyanti Putri Wardhana dan Teuku Rifki Harsya sebelumya dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif dalam acara pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024) pagi.

Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan atas nama pribadi dan juga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) periode 2019-2024 Angela Tanoesoedibjo serta seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air, mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Menteri Pariwisata serta Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif yang baru.

"Kami bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu Wa Ta'ala, bahwa dua portofolio penting ini (pariwisata dan ekonomi kreatif) telah diberikan amanah kepada dua tokoh terbaik yang dimiliki bangsa," kata Sandiaga Uno.

Ia meyakini di bawah kepemimpinan keduanya, pencapaian pariwisata dan ekonomi kreatif akan jauh lebih baik di masa yang akan datang.

"Saya memohon kepada seluruh jajaran di pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memberikan kontribusi terbaik kepada dua sosok yang sangat luar biasa ini," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Kemenparekraf/Baparekraf yang telah memberikan dukungan terbaik dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Lebih dan kurangnya saya atas nama Mbak Wamen (Angela Tanoesoedibjo) dan Mbak Nur (Nur Asia Uno) memohon maaf dari lubuk yang hati paling dalam dan mengucapkan terima kasih atas kerja samanya. Semoga silaturahmi kita tidak akan pernah terputus," ujar Sandiaga.

Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana, dalam sambutannya merasa sangat terhormat dapat melanjutkan estafet kepemimpinan pengembangan sektor pariwisata dari Menparekraf Sandiaga Uno.

"Ini merupakan tanggung jawab besar, tapi saya sangat antusias untuk bekerja keras bersama seluruh jajaran Kementerian Pariwisata," ujar Menpar Widiyanti.

Widiyanti mengungkapkan, perannya di dunia usaha selama lebih dari 30 tahun telah memberikan banyak pengalaman tentang pentingnya strategi yang matang serta cara kerja yang efisien dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan besar.

"Dengan latar belakang tersebut saya membawa perspektif dan semangat baru untuk memajukan dunia pariwisata Indonesia ke depan," kata Widiyanti.

Sektor pariwisata Indonesia saat ini telah meraih berbagai capaian besar. Daya saing pariwisata Indonesia dalam TTDI 2024 berada di peringkat 22 dari 119 negara di dunia.

"Ke depan kita memiliki tantangan besar terutama dalam pengembangan potensi pariwisata Indonesia. Transisi ini merupakan momen penting untuk memastikan kesinambungan dan akselerasi dalam mencapai target-target kementerian. Masukan dari Pak Sandi dan Ibu Angela tentu sangat penting untuk memastikan transisi berjalan mulus dan berkelanjutan," ujar Widiyanti.

Hal senada disampaikan Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya. Di bawah kepemimpinan Sandiaga Uno dan Angela Tanoesoedibjo, telah terjadi transformasi yang besar di sektor ekonomi kreatif.

"Rasa hormat dan rasa bangga kami kepada sahabat saya Bapak Menteri Sandiaga Salahuddin Uno. Juga penghormatan saya kepada Ibu Wamen Angela Tanoesoedibjo, tentu torehan emas dari ibu melengkapi dan memberikan sinergi yang luar biasa," ujar Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky.

Ia mengatakan siap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada.

"Kami yakin sinergi antara Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi kreatif tidak bisa dipisahkan. Transisi dalam beberapa bulan ke depan mungkin ada tantangan-tantangannya, dan kita juga akan memohon bantuan kepada menteri senior (Sandiaga Uno) dan ibu wamen senior (Angela Tanoesoedibjo) untuk kemajuan ekonomi kreatif Indonesia," ujar Teuku Rifky.