Setelah Dilantik Jadi Menparekraf, Sandiaga Uno: Langsung Sertijab dengan Sahabat Saya
Wishnutama dan Sandiaga Uno (Foto: @wishnutama)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bakal langsung melaksanakan serah terima jabatan dengan Wishnutama Kusubandio yang disebutnya sebagai sahabat lama. Acara serah terima jabatan ini bakal dilakukannya usai dirinya dilantik di Istana Negara, Jakarta. 

"Setelah ini kami akan langsung sertijab dengan sahabat lama saya Mas Wishnutama," kata Sandiaga dalam konferensi pers usai pelantikan yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 23 Desember.

Usai serah terima jabatan, ada sejumlah hal yang akan dia lakukan ke depan secara cepat dan inovatif. Apalagi, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah meminta adanya perubahan mendasar selama setahun ke depan termasuk pembenahan terhadap beberapa hal.

"Bahwa presiden dan wakil presiden arahannya dalam satu tahun ini harus ada quick win, harus ada perubahan mendasar saat kita berbenah destinasi lima super prioritas," ungkapnya.

"Kita harus berinovasi mulai dari busana, tarian 360 degree. Inovasi dari segi infrastruktur dan segala berkaitan dengan pariwisata, ekonomi kreatif, kuliner, dan fashion," Sandi.

Selain itu, dia akan terus mengajak semua pihak yang bergerak dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menerapkan protokol CHSE atau Cleanless, Health, Safety, and Environmental Sustainability. Hal ini penting agar semua pihak di dalam industri maupun para penikmat jasa pariwisata bisa tetap menjalankan kegiatannya di tengah pandemi COVID-19.

Terakhir, dirinya juga akan berupaya menggandeng semua pihak untuk menciptakan jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Dan Kami akan berjuang untuk mempertahankan dan mengembangkan pemberdayaan. Agar kita bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya dan mempertahankan tingkat pendapatan masyarakat khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Sandiaga merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Selain dirinya, Jokowi juga melantik nama lain seperti Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial (Mensos), Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.