Bagikan:

JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) bakal segera berganti seiring dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pada 20 Oktober mendatang.

Lantas, apakah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan kembali mengisi posisi yang sama di kabinet pemerintahan selanjutnya?

Merespons hal tersebut, Menparekraf Sandiaga bilang, hal itu merupakan hak prerogatif presiden terpilih.

"Ini hak prerogatif presiden dan sudah saya sampaikan berkali-kali kami sudah menyiapkan langkah teknokrasi dan transisi untuk meng-estafet ke menteri selanjutnya," ujar Sandiaga menjawab pertanyaan VOI dalam agenda The Weekly Brief with Sandi Uno secara daring, Senin, 7 Oktober.

Namun demikian, Sandiaga sempat memberikan sinyal bahwa dirinya tak akan lanjut di kabinet Prabowo. Sebab, pria yang akrap disapa Sandi ini bilang, bahwa baju putih Kemenparekraf yang biasa dipakainya kemungkinan akan menjadi yang terakhir kali dipakai pada hari ini.

"Ini baju putih saya baru dikirim rupanya, ini baru. Padahal, saya tinggal dua minggu lagi. Baju putih ini mudah-mudahan dilelang, nanti dananya bisa dibantu untuk saudara-saudara kami yang membutuhkan," cerita Sandi.

"Jadi, selamat bertugas untuk menteri selanjutnya. Semangat gaspol," imbuhnya.

Sekadar informasi, pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 akan dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Nantinya Prabowo Subianto akan dilantik menjadi Presiden menggantikan Jokowi, sedangkan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Wakil Presiden menggantikan Ma'ruf Amin.

Rencananya, pelantikan presiden dan wakil presiden akan dilakukan di Senayan.

Adapun yang bertugas untuk melantik Presiden dan Wakil Presiden terpilih adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). MPR berwenang melantik kepala negara terpilih dari hasil pemilu.