Wishnutama: Saya Mengagumi Sandiaga Uno Sejak Lama
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

Bagikan:

JAKARTA - Wishnutama Kusubandio resmi melepas jabatannya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Hal itu ditandai dengan dilantiknya Sandiaga Uno oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri yang baru hari ini.

Saat acara serah terima jabatan (Sertijab) yang digelar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan, Sandiaga merupakan orang yang ia kagumi sejak lama. Tak hanya itu, ia juga meyakini di bawah kepemimpinan Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menjadi lebih baik.

"Saya yakin di bawah kepemimpinan beliau pariwisata dan ekonomi kreatif justru akan lebih baik ke depan," katanya, dalam acara Sertijab, di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Desember.

Wishnutama juga mewanti-wanti soal tantangan yang akan dihadapi Sandiaga Uno dalam mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tantangan yang dimaksud adalah pandemi COVID-19.

"Setahun belakangan ini kita menghadapi pandemi yang sangat berat sekali, khususnya yang menghantam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini adalah tantangan luar biasa, tentunya ini akan menjadi tantangan luar biasa buat Bang Sandi ke depannya," katanya.

Wishnutama dan Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @wishnutama)

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Tama ini mengatakan, dirinya menjadi bagian di tim besar pada masa yang memang sangat unpredictable, dan segala sesuatunya sulit diterka. Bahkan, kata dia, perencanaan pun kadang-kadang hampir sebagian besar bisa dieksekusi tapi kebanyakan justru tidak tereksekusi.

Kata Tama, faktor kesehatan harus menjadi prioritas utama di negeri ini. Karena itu, katanya, harus mengukur kegiatan agar selalu aman dan bisa tetap terlaksana. Ia mengaku, sejak pandemi hadir dirinya selalu berusaha mencari solusi agar para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan dalam menghadapi badai ini.

Tama berujar, banyak sekali yang menaruh harapan sangat besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bahkan, jutaan orang bergantung pada sektor ini.

"Bang Sandi katakan hampir 13 juta sektor ekonomi kreatif hampir 20 juta, yang bergantung pada sektor di bawah kementerian ekonomi kreatif. Tapi saya tetap yakin di bawah kepemimpinan Bang Sandi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kita bisa bangkit, dan tentunya bukan hanya bangkit tapi jauh lebih baik dari sebelumnya," tuturnya.

Ia kemudian menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas dedikasi dan kerasnya. Serta bantuannya selama dirinya menjabat sebagai menteri.

"Ini adalah pidato terakhir saya sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran, para pegawai atas dedikasi dan kerja kerasnya," ujarnya.

Tak hanya itu, Wishnutama juga berpesan kepada Sandiaga dan seluruh jajaran kementerian untuk bekerja dengan hati. Sebab, kata dia, tidak pernah ada waktu yang salah untuk berbuat baik, dan tidak pernah ada waktu yang baik untuk berbuat salah.

"Kerjakan sesuatu dengan hati untuk kebaikan dan kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif, akhir kata saya sampaikan tongkat estafet untuk selanjutnya memimpin perjuangan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saya serahkan dan titip Pak Menteri dan teman-teman agar kita semua bisa maju," tuturnya.