Cerita Sandiaga Dapat Pesan Bismillah dari Mensesneg: Saya Kira untuk Kesembuhan
Presiden Joko Widodo mengenalkan enam menteri baru (Foto: Twitter @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku sempat bingung ketika menerima pesan singkat bertuliskan, 'Bismillah, Pak' dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. 

Dia menyangka pesan yang dikirimkan itu adalah doa kesembuhan bagi dirinya yang sempat dinyatakan positif COVID-19. Bahkan pesan itu sempat terselip di antara banyaknya pesan yang masuk ke dalam telepon genggamnya.

"Saya beberapa kali dapat pemberitahuan karena banyak sekali mendoakan, kirim pesan. Terselip ternyata ada satu pesan dari Pak Pratik kira-kira Jumat minggu lalu. Pesannya singkat saja, 'bismillah mas'. Saya pikir untuk kesembuhan saya, saya jawab 'bismillah, pak'," kata Sandiaga dalam konferensi pers usai pelantikan yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 23 Desember.

Setelah itu, Politisi Partai Gerindra ini mendapat pesan dari sejumlah kawannya yang sudah ada lebih dulu di Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Namun karena dirinya bingung, akhirnya Mensesneg Pratikno kembali mengabari.

"Karena rancu antara kesembuhan saya dan pesan lainnya lainnya, konfirmasi yang firm itu baru hari Senin dari Pak Pratik mengabarkan bahwa kemungkinan akan dipanggil dan kemungkinan akan diminta menghadap Senin sore atau Selasa," ujarnya.

Selanjutnya, Sandi kembali mendapat kabar jika dirinya diminta hadir ke Istana Negara. Tapi, saat itu dirinya tak diberikan informasi lain selain diminta menggunakan kemeja berwarna putih.

"Senin pagi saya mendapat kepastian kabar dari Istana hadir pukul 15.00 tanpa memberikan informasi lain hanya menggunakan baju putih," ungkapnya

Setelah di Istana Negara, dia baru tahu ditunjuk sebagau menteri. Sandiaga Uno ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

“Yang kedua saya ingin mengenalkan tapi kita semua sudah tahu Bapak Sandiaga Uno. Beliau dulu wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimipin kementerian pariwisatan dan ekonomi kreatif,” kata Jokowi mengenalkan menteri barunya di Istana, Selasa, 22 Desember.

Sandiaga saat diperkenalkan Jokowi memberikan salam dengan membungkukkan diri. Sandiaga mengenakan jaket biru serta masker.

Selain Sandiaga, Jokowi juga menunjuk lima menteri baru dalam kabinetnya mereka adalah Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial (Mensos), Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.